Pontianak (Antaranews Kalbar) - Polres Kota Singkawang melalui satuan Binmas melaksanakan pembinaan dan pelatihan Saka Bhayangkara kepada pelajar SMA di ruang identifikasi Polres Singkawang, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Kanit Bintibmas Satbinmas Polres Singkawang, IPDA Damayanti Siregar, Senin mengatakan, Saka Bhayangkara merupakan salah satu objek pembinaan remaja yang dilaksanakan oleh Satbinmas Polres Singkawang.

"Pelatihan Saka Bhayangkara merupakan kegiatan yang dilaksanakan rutin seminggu sekali oleh fungsi Binmas guna membentuk mental pelajar yang lebih baik," katanya.

Dalam kegiatan Saka Bhayangkara tersebut, para peserta dilatih dan dididik dalam baris-berbaris, bagaimana mencintai alam, dan latihan-latihan lain yang berguna untuk pembinaan mental generasi muda.

"Anggota Saka Bhayangkara ini adalah para pelajar-pelajar SMA sederajat yang ada di Kota Singkawang," tuturnya.

Menurutnya materi yang diberikan itu dimaksudkan agar anggota pramuka Saka Bhayangkara mengetahui apa arti dan kegunaan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP).

Selain itu, dalam materi ini juga diharapkan anggota pramuka Saka Bhayangkara dapat mengetahui apa saja yang terdapat pada TKP serta dapat mengenal tulisan tangan dan tanda tangan.

Dia juga mengingatkan dan mengimbau kepada anggota Saka Bhayangkara Polres Singkawang agar senantiasa menjaga kekompakan, saling tolong menolong, menghindari diri dari pergaulan bebas, tawuran dan penyalahgunaan narkoba.

"Dengan demikian anggota Saka Bhayangkara Polres Singkawang diharapkan sebagai menjadi generasi-generasi muda yang kuat, tangguh yang kelak diharapkan sebagai pengganti pemimpin bangsa yang ada saat ini," ungkapnya.



(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018