Bengkayang (Antaranews Kalbar) - Lantamal XII Pontianak mengadakan kegiatan terkait HUT ke-3 berupa Bakti Sosial (Baksos) kesehatan dengan mengerahkan 38 tenaga medis dari tanggal 26 hingga 27 Agustus 2018 di Pulau Lemukutan Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.
    "Kali ini kami sengaja ingin membantu warga Pulau Lemukutan dan sekitarnya dengan melakukan kegiatan Baksos kesehatan, penyuluhan keselamatan pelayaran dilaut dan penyerahan bantuan kepada masyarakat pesisir pulau ini," kata Danlantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Greg. Agung W.D., M. Tr (Han), disela-sela kunjungannya di pulau tersebut, Minggu.
    Ia mengatakan para petugas medis yang dilibatkan selain dari dokter umum juga dokter spesialis mata, gigi, kandungan dan bedah, yang berasal dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Ahli Bedah Indonesia (PABI) dan persatuan dokter ahli mata (Perdami).
    "Dalam kegiatan itu kami melibatkan semua instansi terkait dan organisasi dokter. Dan untuk penyuluhan keselamatan pelayaran kami melibatkan Basarnas, KSOP Pontianak, Pemprov Kalbar, Pemkab Bengkayang, Polri, Kodam, Lanut dan lainnya," kata Laksma Greg.
    Diambilnya Pulau Lemukutan sebagai pusat kegiatan Baksos itu karena selain melihat masih sulitnya masyarakat di pesisir itu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, juga merupakan salah satu upaya TNI AL untuk lebih dekat dengan masyarakat Lemukutan yang memiliki wilayah yang sangat strategis.
    "Selain itu kami juga menamakan salah satu armada kapal kami dengan nama KAL Lemukutan. Ini juga yang menjadi alasan kami untuk mengelar kegiatan Baksos di Pulau Lemukutan agar dapat bermanfaat bagi warga disini dan warga yang ada di pulau sekitar pulau Lemukutan," katanya.
    Ia juga menyebutkan di masa yang akan datang kegiatan serupa juga akan dilakukan di pulau- pulau lain yang ada di Kalbar. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat di pesisir juga dapat merasakan bantuan pelayanan kesehatan.
    Dalam dua hari itu, pelayanan kesehatan menargetkan sekitar 500 pasien dari Pulau Lemukutan dan sekitar 200 pasien dari pulau sekitarnya.
    Sebelum mengakhiri kunjungannya ke Pulau Lemukutan, Danlantamal XII Pontianak, Laksma TNI Greg. Agung W.D., M. Tr (Han) juga berkesempatan menyerahkan kepada warga setempat berupa bahan kontak dan 100 unit pelampung (swemvase).
 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018