Sintang (Antaranews Kalbar) - Bupati Sintang Jarot  Winarno meresmikan Gedung Kesenian Batu Linoh, Desa Nobal, Kecamatan Sungai Tebelian, Sabtu (25/8).
    Menurut dia, keberadaan gedung kesenian sangat penting sebagai tempat berkumpul masyarakat untuk menggali kembali kesenian-kesenian atau adat budaya yang ada di Desa Nobal.
    "Budaya lokal, budaya Dayak atau budaya lainnya yang kita miliki memang harus dilestarikan, keberadaan gedung ini harus dimanfaatkan masyarakat di sini menggali kesenian dan adat budaya yang ada sehingga kalau ada event budaya macam gawai   Dayak Desa Nobal bisa mengikuti sepenuhnya rangkaian kegiatan yang   diperlombakan," kata Jarot.
    Selain itu, menurut Jarot keberadaan gedung kesenian ini juga bisa dimanfaatkan  masyarakat untuk berkumpul mengadakan kegiatan lain seperti acara pertemuan tingkat desa atau pertemuan lainnya, sehingga wujud persaudaraan dan silaturrahmi masyarakat di Desa Nobal ini tetap terjaga antarsuku dan agama yang ada.
    "Saya sangat bangga Desa Nobal ini masyarakatnya rukun, meskipun riak-riak diluar seperti di medsos sering terjadi informasi yang bisa memecahbelah persatuan   dan kesatuan sesame anak bangsa, namun di Nobal ini kebersamaan sangat terjaga, kita tahu disini tinggal berbagai agama dan suku, saya harap kerukunan disini tetap dijaga, karena itu modal sosial kita untuk membangun Kabupaten Sintang," ujar dia.
    Jarot meminta agar gedung kesenian tersebut di jaga sehingga keberadaannya akan bisa dirasakan untuk generasi-generasi kedepannya.
    Sementara itu mantan Kades Nobal dua periode M. Kiat mengatakan Gedung Kesenian Batu Linoh Desa Nobal itu dibangun dimasa kepemerintahannya yakni tahun anggaran 2017 lalu dengan total biaya sekitar Rp350 juta yang bersumber dari APBDes.           "Tujuan pembangunan gedung kesenian ini untuk tempat kami menggali potensi   kesenian dan adat istiadat disinilah, masyarakat bisa belajar kesenian dan budaya lainya, sehingga nanti kalau ada acara budaya di kabupaten kami siap mengikutinya," kata Kiat.
    Kiat berharap meskipun dirinya tak menjabat lagi sebagai kades, pemerintahan desa Nobal yang baru nanti bisa memanfaatkan keberadaan gedung kesenian itu baik untuk acara, maupun kegiatan lainnya dalam hal membina masyarakat di Desa Nobal sehingga Desa Nobal bisa terus maju.

 

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018