Pontianak (Antaranews Kalbar) - Sejumlah jurnalis dari berbagai media massa di Kalbar baik cetak maupun elektronik dan blogger Pontianak mengikuti edukasi "safety riding" atau berkendara yang aman yang digelar Astra Motor Pontianak.

"Kegiatan yang sukses kita gelar pada 2 September 2018 di Main Dealer Training Centre HSO Pontianak tersebut sebagai wujud komitmen Honda untuk menyebarkan virus berkendara aman pada setiap lapisan masyarakat termasuk dari kalangang jurnalis Kalbar," ujar Instruktur Safety Riding Astra Motor Pontianak, Dony Adrian di Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan seiring perkembangan zaman, jurnalis memiliki aktivitas dan mobilitas yang tinggi. Bukan hal yang mengherankan lagi jika para jurnalis naik kendaraan bermotor untuk mendukung kegiatannya sehari-hari. Salah satu kendaraan yang banyak dipilih adalah motor untuk melakukan aktivitas tersebut.



"Apalagi motor matic yang sangat mudah dioperasikan. Namun sayangnya, tidak semua orang punya kesadaran dalam berkendara yang aman dan nyaman demi keselamatan. Meski sudah memiliki motor, nyatanya belum semua orang paham pentingnya safety riding," papar dia.

Ia menambahkan bahwa Team Safety Riding Astra Motor Pontianak sendiri sudah cukup rutin menggelar edukasi safety riding melalui kampanye #Cari_aman di seluruh kota di Kalbar. Salah satu agenda pelatihan diperuntukan juga untuk pelajar, komunitas sepeda motor honda dan para karyawan.

Edukasi safety riding bertujuan memberikan pengetahuan teori dan praktek mengenai teknik dasar mengendalikan sepeda motor. Selain itu juga mengajarkan untuk patuh terhadap undang-undang lalu-lintas beserta etika berkendara yang baik, lanjutnya.

Ia menyebutkan dalam berkendara ada tiga faktor penyebab kecelakaan di jalan raya, yaitu faktor kendaraan, lingkungan dan cuaca, dan faktor manusia.

"Dari tiga faktor, faktor manusia ini justru menjadi penyebab tertinggi kecelakaan di jalan raya. Lebih dari 90 persen," terangnya.

Selain melakukan edukasi dan guna menguji kemampuan kemampuan jurnalis yang mengikuti kegiatan ini tim safety riding, Astra Motor menggelar kompetisi berkendara yang aman antar jurnalis setelah mendapatkan materi teori dan praktek.

"Astra Motor berharap dengan adanya kampanye safety riding mampu memberikan kesadaran bagi para pengguna sepeda motor. Hal ini akan berujung pada penekanan angka kecelakaan lalu lintas. Kita prihatin angka kecelakaan menunjukan saat ini usai produktif mendominasi atau terlibat. Itu harus bersama kita tekan dengan berkendara yang aman," ajaknya.



 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018