Pontianak (Antaranews Kalbar) - Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa melantik Vincensius sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Landak. Selain Vincensius, sejumlah Pejabat Tinggi Pratama setara Eselon II B di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak hasil lelang jabatan juga dilantik.
    Vincensius, diketahui sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak. Ia terpilih sebagai Sekda Landak, setelah mengikuti beberapa tes dan proses seleksi terbuka.
    Selain Vicensius, Karolin juga melantik sejumlah pejabat eselon II dan III.
    Diantaranya Benediktus, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Landak, kemudian dilantik menjadi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Landak.
    Yohanes, yang semula menjabat sebagai Camat Sompak Kabupaten Landak, dipercayakan menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Landak.
    Benipiator, yang semula menjabat sebagai Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Landak, dilantik sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Landak.
       Ursus, yang semula adalah Camat Sengah Temila Kabupaten Landak, dilantik sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Landak.
    Kemudian, Yosef, yang semula menjabat sebagai Camat Ngabang Kabupaten Landak, kemudian di lantik menjadi Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Landak.
    Nikolaus, yang semula menjabat sebagai Kepala Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kabupaten Landak, dilantik menjadi Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kabupaten Landak.
    Anem, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Landak., dilantik menjadi Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Kabupaten Landak.
    Ocin, yang semula sebagai Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Landak, dipercayakan menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Landak.
    Usai melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, Karolin mengatakan, pelantikan hari ini merupakan pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama, jabatan sekretaris daerah dan jabatan setara eselon II B lainnya hasil seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah Kabupaten Landak yang telah dilaksanakan.
    "Seleksi terbuka dilakukan melalui tahapan sesuai dengan ketentuan undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara (asn) dan peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS yang mengamanatkan pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama untuk dilakukan secara terbuka," kata Karolin.
    Dijelaskannya, seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama ini dilaksanakan selain sesuai amanat peraturan yang berlaku juga dalam rangka pemetaan dalam upaya mendapatkan kader pimpinan yang memiliki kualifikasi, kompetensi, kinerja dan rekam jejak jabatan yang sesuai dengan standar kompetensi jabatan yang diperlukan.
    "Dengan sistem promosi jabatan secara terbuka dan kompetitif, diharapkan agar para pejabat yang baru saja dilantik mempelajari tugas-tugas dan fungsi satuan kerja perangkat daerah yang diemban serta peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan tugas dan fungsi satuan kerja perangkat daerah yang baru dijabat," kata Karolin.
    Mantan anggota DPR dua periode itu mengharapkan, Kepada pejabat pimpinan tinggi pratama baik jabatan sekretaris daerah maupun jabatan setara eselon II B lainnya yang telah dilantik pada hari ini, agar dapat bekerja dengan baik dalam upaya membangun kabupaten landak ini agar lebih maju dan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.
    "Mereka kita harapkan dapat melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik lagi dengan inovasi yang pada akhirnya dapat menjadikan kabupaten landak sebagai kabupaten yang berdaya saing dimulai dari tingkat provinsi sampai pada tingkat nasional," kata Karolin.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018