Pontianak (Antaranews Kalbar) - Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Untung Suseno Sutarjo beserta rombongan kunjungan kerja ke Kota Singkawang untuk berdialog dengan pemerintah kota setempat guna merealisasikan salah satu Nawacita Presiden Joko Widodo, khususnya Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.

"Kedatangan kita ke Singkawang adalah untuk melakukan pengamatan tentang pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga," katanya di Pontianak, Minggu (14/10).

Program itu sebenarnya untuk puskemas yang tujuannya agar semua program kesehatan di puskesmas diintegrasikan sehingga pelaksanaannya lebih mudah.

"Yang diintegrasikan itu bukan hanya programnya saja tapi juga SDM-nya, pembiayaannya, dan lain-lain," tuturnya.

Terlebih, kata dia, masalah kesehatan tidak bisa ditangani oleh satu program kesehatan, akan tetapi harus melibatkan semua pemangku kepentingan.

"Sehingga dengan cara itu insyaallah penanganan kesehatan akan lebih baik," ungkapnya.

Ia menyebut keluarga sebagai tujuan program itu, di mana pihak kesehatan akan mendatangi warga dari rumah ke rumah untuk melihat bagaimana keadaan keluarga.



"Dalam peninjauan itu juga petugas akan melihat apa-apa saja yang menjadi masalah kesehatan keluarga. Jadi tidak perlu lagi menunggu hasil pemeriksaan keluarga di puskesmas," katanya.

Tujuan dari peninjauan itu, kata dia, petugas puskesmas benar-benar mencari kasus penyakit dari rumah ke rumah.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Singkawang Irwan berharap, pemerintah pusat memperhatikan derajat kesehatan bangsa Indonesia, termasuk di Kota Singkawang.

"Begitu juga dengan masyarakat kita yang tinggal di perbatasan yang mungkin selama ini jauh dari perhatian pemerintah, baik dalam pembangunan infrastruktur maupun dampak dari layanan kesehatan yang ujung-ujungnya belum menjamin derajat kesehatan masyarakat di pinggiran," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, hasil monitoring Sekretaris Jenderal Kemenkes beserta rombongan bisa ditindaklanjuti dalam suatu solusi atau aksi nyata dengan berbagai kegiatan yang secara langsung dirasakan masyarakat, baik dalam pembangunan infrastruktur maupun fasilitas-fasilitas kesehatan.

Ia mengharapkan masyarakat tidak lagi merasa susah untuk berobat sehingga mereka memperoleh jaminan peningkatan derajat kesehatan.

Ia mengatakan kunjungan Sekretaris Jenderal Kemenkes beserta rombongan juga dalam rangka mempromosikan tentang bagaimana hidup bersih dan sehat di lingkungan keluarga.

"Kami menyambut baik program ini karena Pemkot Singkawang juga sudah berkomitmen untuk itu dan bersama-sama dengan `stakeholder` dan seluruh perangkat dinas teknis dan yang terkait untuk dapat mewujudkan ini secara bertahap," ujarnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018