Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TTMD) Danrem 121 ABW yang digelar di Desa Tanjung, Kecamatan Teriak, Kabupaten Bengkayang, akan membangun sejumlah sarana dan prasarana masyarakat.

"TMMD bisa membuka wawasan bagi masyarakat oleh karena itu mari terus jaga pembangunan ini sebagai sarana untuk kegiatan masyarakat. Harapan kita ke depan TMMD akan terus berlanjut ," ujar Bupati Bengkayang, Kalimantan Barat, Suryatman Gidot saat dihubungi di Bengakayang, Selasa.

Sementara itu, Dandim 1202 Singkawang, Letkol Inf Abdul Rahman memaparkan bahwa pada TMMD Ke 103 ini melibatkan 200 Personil TNI AD di Wilayah Modim 1202/Singkawang.

"TMMD  ini berupa kegiatan fisik seperti membuka akses jalan. Selain itu juga ada non fisik. ?Sehingga ke depannya dapat juga membuka akses kegiatan lainnya baik berupa kegiatan ekonomi, pembangunan, pertanian dan lainnya," kata dia.

Baca juga: Pengaspalan jalan penghubung Desa Durenomo dimulai
Baca juga: TNI dan warga gotong-royong dalam Pra TMMD

Ia mencontohkan untuk kegiatan fisik yakni pembuatan jembatan ukuran 6 m x 4 m sebanyak 4 buah, rehab gereja Santa Philomina ukuran 10 m x 14 m, rehab gereja PIBI ukuran 5,5 m x 8 m, penimbunan badan jalan sepanjang 7.000 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi 15 cm dan pembuatan rabat beton sepanjang 95 meter lebar 1,5 meter dan tebal 12 cm.

"Sedangkan kegiatan non fisik berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan terorisme dan radikalisme , penyuluhan KB dan kesehatan, sosialisasi marving rekrutmen calon anggota TNI AD, penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba, Kamtibmas, kesadaran hukum dan HAM serta penyuluhan pertanian dan perkebunan," papar dia.

Lanjutnya, lama kegiatan TMMD selama 30 hari dimulai tanggal 16 Oktober 2018 sampai dengan 16 November 2108, didahului dengan pra TMMD 15 hari sebelumnya.

"Untuk dana berasal dari Penanggung Jawab Operasi dan DAU Kabupaten Bengkayang . Kegiatan tersebut melibatkan unsur TNI Kodim 1202 Singkawang dan warga masyarakat Desa Tanjung," kata dia.

Ia menambahkan, masyarakat menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan TMMD Ke-103 . Pihaknya mengajak masyarakat untuk mensuskseskan TMMD dengan berpartisipasi pada berbagai kegiatan.







 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018