Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kota Singkawang, Jayadi mengimbau kepada warga untuk selalu waspada apabila terjadi banjir, di mana daerah setempat saat ini dalam status siaga banjir.

"Curah hujan tinggi yang terjadi pada beberapa hari di Kota Singkawang sehingga mengingatkan warga untuk selalu waspada. Ini saya menyampaikan karena melihat curah hujan yang tinggi terjadi pada beberapa hari terakhir ini," kata Jayadi, Jumat.

Saat ini, katanya, beberapa ruas jalan seperti Jl Jenderal Sudirman, Jl Kalimantan Gang 3, Jl Kalimantan Gang Ikhlas dan Haji Taraf sudah digenangi air. "Ketinggian air diperkirakan sekitar 30 CM," ujarnya.

Untuk daerah-daerah lain khususnya yang rawan banjir masih dalam pengecekan BPBD Singkawang.

Namun, pihaknya saat ini sedang fokus kepada wilayah Singkawang Timur, khususnya di Bagak Sahwa dan Hangmui, karena dikhawatirkan akan terjadi banjir bandang.

Baca juga: BPBD Kabupaten Kayong Utara dirikan posko siaga banjir
Baca juga: BPBD Kabupaten/Kota Rapat Bersama Antisipasi Bencana

Dia menambahkan, dalam rangka bersama-sama menjaga keamanan dan keselamatan dalam situasi siaga banjir, maka diharapkan kepada seluruh masyarakat, pertama, menyediakan survival berupa jas hujan, sepatu lumpur, senter dan payung.

Kedua, membersihkan lingkungan huniannya masing-masing. Ketiga, mencegah anggota keluarga, terutama putra dan putri agar tidak mandi di aliran sungai.

"Ini saya mengingatkan, disamping sudah mulai berarus dan dalam dikhawatirkan ada binatang berbisa dan sejenisnya," kata Jayadi.

Keempat, lanjutnya, apabila terjadi keadaan darurat sebaiknya warga mengungsi ke tempat yang aman seperti di Kelurahan masing-masing.

"Khusus rumah sakit, sebaiknya ada sistem peringatan dini, jalur evakuasi, Incident Comando System (orang yang memerintahkan untuk evakuasi) dan locus evakuasi," ujar Jayadi.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018