Pontianak  (Antaranews Kalbar) - PT Pelindo II (Persero), Kamis, menggelar program "Goes to Campus" yang bekerjasama dengan pihak Universitas Tanjungpura Pontianak.
   
"Goes to Campus ini adalah program dari Kementerian BUMN berupa direksi BUMN mengajar, dan kami dalam hal ini sudah melakukan program tersebut dibeberapa tempat, salah satunya hari ini digelar di lingkungan Kampus Untan Pontianak," kata Direktur Teknik dan Manajemen Resiko, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), Dani Rusli Utama, di Pontianak.
   
Ia menjelaskan, pihaknya sebelumnya sudah melakukan program "Goes to Campus" di Cirebon, Palembang, Aceh dan hari ini di Kota Pontianak, yakni di lingkungan kampus Untan Pontianak.
   
"Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan motivasi, informasi dan memberikan kesempatan kepada masyarakat atau mahasiswa khususnya dalam memberikan pengetahuan tentang BUMN, salah satunya tentang Pelindo II," ungkapnya.
   
Ia menyambut baik respon positif dari mahasiswa Untan Pontianak, hal itu bisa dilihat dari kualitas pertanyaan para peserta "Goes to Campus" sehingga dia menyakini para mahasiswa Untan memang memiliki SDM yang berkualitas.
   
"Apalagi ke depannya, Pelindo II akan membangun Pelabuhan Internasional di Kabupaten Mempawah, yang tentunya akan banyak membutuhkan SDM yang berkualitas, yang diharapkan nantinya juga diisi oleh masyarakat Kalbar, salah satunya para lulusan dari Untan Pontianak," katanya.
   
Dalam kesempatan itu, dia menambahkan program "Goes to Campus" tersebut lebih kepada memperkenalkan berbagai kegiatan di lingkungan Pelindo II, salah satunya Cabang Pontianak.
   
"Tugas utama Pelindo ada tiga, yakni pelayanan barang, kapal dan pelayanan lain-lainnya. Dan kami tidak punya hak mengeluarkan barang kalau dokumennya belum dilengkapi oleh instansi terkait," katanya.
   
Kemudian, menurut dia, para mahasiswa juga diinformasikan, terkait kalau ada kapal besar yang memuat barang mau sandar ke pelabuhan, yakni dua kilometer jaraknya dari pelabuhan harus ditarik dengan tugboat, guna meminimalisir tubrukan dan lainnya.
   
"Hari para peserta 'Goes to Campus' juga diberikan informasi tentang Dwelling Time, yakni waktu berapa lama petikemas (barang impor) ditimbun di Tempat Penimbunan Sementara (TPS) di pelabuhan sejak dibongkar dari kapal hingga keluar dari TPS tersebut," ujarnya.
   
Selain itu, juga diberikan pemahaman tentang tujuan dibangunnya pelabuhan laut atau sungai, salah satunya untuk memacu pertumbuhan ekonomi di daerah berdirinya pelabuhan tersebut, dan Indonesia umumnya.
   
Sementara itu, Fahri salah seorang Mahasiswa Teknik Untan Pontianak menyambut baik telah diselenggarakannya program "Goes to Campus" oleh Pelindo II. "Dengan mengikuti semacam seminar tersebut, maka kami mengetahui banyak tentang peranan Pelindo dalam tugasnya sebagai jasa tempat bongkar muat barang antar pulau di Indonesia," katanya.
   
Dia berharap, BUMN lainnya, juga bisa melakukan program serupa, sehingga semakin banyak informasi yang didapat oleh para mahasiswa Untan Pontianak dalam menambah wawasan mereka sepanjang menyelesaikan kuliahnya.

 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018