Pontianak (Antaranews Kalbar) - Harga ikan di sejumlah pasar di Kota Pontianak seperti terpantau di Pasar Flamboyan masih relatif stabil meskipun saat ini kondisi cuaca tidak bersahabat dengan nelayan.

"Harga ikan - ikan masih relatif stabil. Tidak ada kenaikan harga yang signifikan. Cuaca memang lagi kurang baik namun harga yang dijual stabil," ujar Hanyyan, pedagang ikan di Pontianak, Senin.

 Ia menyebutkan saat ini untuk harga ikan seperti ikan tongkol hitam Rp27.000 per kilogram, tongkol putih Rp15.000 - Rp18.000 per kilogram, ikan kembung Rp35.000 per kilogram dan beberapa jenis lainnya stabil.

 "Ikan, cumi dan udang harga masih stabil. Sehingga daya beli masyarakat juga terjaga," kata dia.

Sementara untuk harga pangan masyarakat lainnya seperti ayam potong saat ini juga masih diharga normal yakni Rp25.000 per kilogram.

"Harga ayam saat ini normal yakni jika sama atau di bawah Rp25.000 ribu itu harga normal. Meski tergolong harga normal namun dalam beberapa hari ini naik sebab semula hanya Rp23.000 per kilogram," ujar satu di antara pedagang ayam di Pasar Flamboyan Pontianak, Mak Long.

Untuk harga telur ayam saat ini juga masih tidak bergejolak. Untuk harga eceran di Pasar Flamboyan yang dijual pedagang di kisaran Rp1.100 - Rp1.400 per butir. Kenaikan telur ayam sebagaimana data yang ada akan naik ketika menjelang hari besar keagamaan seperti hari raya Idul Fitri, Idul Adha, tahun baru dan cap go meh.

Untuk harga jenis sayur mayur sendiri saat ini juga masih belum ada kenaikan signifikan. Harga kol saat ini Rp10.000 per kilogram, sawit kriting Rp8.000 per kilogram, cabai Rp35.000 per kilogram, mentimun Rp4.000 per kilogram dan beberapa jenis lainnya juga stabil. Naik dan turunnya harga sayur - mayur di Pontianak dipengaruhi oleh cuaca. Jika musim penghujan akan berpengaruh pada kenaikan sayur di pasar.

Harga bawang merah juga masih rendah yakni dikisaran Rp18.000 - Rp23.000 per kilogram. Sedangkan untuk harga bawang putih berada di titik terendah yakni Rp16.000 per kilogram.

Sementara untuk harga gula, minyak goreng, daging beku dan beras, harga masih sesuai dengan ketentuan pemerintah yang berdasarakan Harga Eceran tertinggi (HET).

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018