Pontianak (Antaranews Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali secara resmi menandatangani prasasti peresmian Desa Simpang Raya, sebagai desa persiapan di Kecamatan Sungai Ambawang.

"Desa baru ini merupakan hasil pemekaran dari Desa Simpang Kanan. Dengan diresmikannya Desa Simpang Raya, menambah deretan jumlah desa baru yang saat ini dalam tahap persiapan," katanya, di Sungai Ambawang, Selasa.

Dia mengatakan, terbentuknya desa baru tersebut, sebagai buah dari keinginan masyarakat akan mampu mempercepat pembangunan dan mendekatkan pelayanan pemerintahan.

Salah satu faktor yang melatar belakangi usulan pembentukan Desa baru oleh warga adalah, karena luasnya wilayah Desa. Sementara anggaran yang dimiliki oleh Desa masih terbatas, sehingga belum maksimal dalam pembangunan.

Disamping itu, jauhnya pelayanan juga salah satu penyebab hadirnya ide dan gagasan membentuk desa baru.

"Alhamdulillah, kini sudah terbentuk desa persiapan baru yakni Desa Simpang Raya, di mana desa ini merupakan hasil pemekaran wilayah dari Desa Simpang Kanan. Kita berharap ini sebagai solusi bagi percepatan pembangunan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat," ujar Bupati.

Baca juga: Rusman Ali minta pemuda Kubu Raya terus berkreativitas
Baca juga: Rusman Ali dorong maksimalkan BUMDes

Dia meminta agar pejabat yang telah ditunjuk sebagai Penjabat Kepala Desa dapat segera mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung berbagai program dan sistem pemerintahan desa menuju desa defenitif.

Dikatakannya, dengan terbentuk dan telah diresmikannya Desa Simpang Raya, maka sistem pemerintahan dan susunan perangkat Desa harus segera dibentuk.

Kemudian pemilihan serta penyusunan perangkat BPD segera dilakukan dan persiapan pemeilihan Kepala Desa segera dipersiapkan.

"Jadi agar segera dilakukan penyusunan perangkat Desa, pemilihan dan penetapan anggota BPD, sistem pelayanan kepada masyarakat segera dilaksanakan. Persiapan pemilihan Kepala Desa segera disiapkan," kata Bupati.

Baca juga: Rusman Ali harap banyak peserta CPNS lolos SKD
Baca juga: Rusman Ali dukung upaya pelestarian gambut

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018