Pontianak (Antaranews Kalbar) - Hujan deras yang disertai angin kencang mengguyur Kota Singkawang dan mengakibatkan sejumlah pohon di Jalan Pangeran Antasari, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Kalimantan Barat, tumbang ke jalan.

Hal itu tentu saja membuat arus lalu lintas menjadi sedikit terhambat, lantaran pengendara harus satu persatu melaluinya, kata Kepala bagian Operasional Satuan Lantas Polres Singkawang, IPDA Jamian, Jumat.

Beruntung ada petugas kepolisian Polres Singkawang dibantu warga setempat mengambil tindakan untuk memangkas pohon yang tumbang tersebut.

Kepala bagian Operasional Satuan Lantas Polres Singkawang, IPDA Jamian mengatakan, tujuan pihaknya segera membersihkan pohon yang tumbang itu, agar arus lalu lintas kendaraan bisa kembali normal.

Baca juga: Rumah warga rusak dilanda angin kencang
Baca juga: Tiga rumah warga Singkawang rusak akibat angin kencang

"Mengingat jalan ini juga merupakan arus lalu lintas menuju rumah sakit," katanya.

Apabila tidak segera dibersihkan, maka akan menghambat mobil ambulans yang akan menggunakan jalur itu. Dia juga sudah menghubungi pihak Telkom untuk segera membenahi kabel Telkom yang putus akibat ditimpa pohon yang tumbang.

"Mudah-mudahan pihak Telkom bisa segera datang, supaya tidak sampai menimbulkan permasalahan yang baru," ungkapnya.

Secara terpisah, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengimbau kepada warga untuk selalu waspada dan berhati-hati saat berada di luar rumah. "Mengingat akhir-akhir ini cuaca agak ekstrim," katanya.

Kepada masyarakat yang tinggal di dekat bendungan atau pantai juga diimbau untuk lebih waspada. "Saya berharap agar Kota Singkawang dijauhkan dari segala musibah terutama bencana alam, seperti banjir dan longsor," ujarnya.

Namun, untuk memastikan itu dia akan meminta kepada BPBD bersama Polres Singkawang untuk bisa melakukan patroli terutama kepada daerah-daerah yang memang rawan banjir.

Baca juga: Rumah warga Bengkayang rusak dihantam puting beliung
Baca juga: Pendataan korban angin kencang di Singkawang

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018