Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Direktur Advokasi Komunikasi Informasi. Edukasi BKKBN, Sugiono menyatakan bahwa Wayang Kulit merupakan salah satu budaya yang dapat dijadikan media yang sangat efektif untuk mengkampayekan program-program Keluarga Berencana di Kalimantan Barat.

Hal itu diungkapkanya saat menghadiri pagelaran wayang kulit yang dilakukan Perkumpulan Pengemar Budaya Jawa (Pandawa) dan Paguyuban Jawa bekerjasama dengan BKKBN Kalbar di Rumah Radankg rumah adat Dayak Kalbar, tadi malam.

"Wayang di Kalbar saya nilai cukup diterima oleh masyarakat. Itu menunjukan wayang merupakan salah satu kekayaan budaya tradisional yang ada disini. Melalui wayang ini dapat dijadikan media kebudayaan tradisonal yang sangat strategis dalam renstra dalam mensosialisasikan program-program KKBPK di Kalbar," kata Direktur Advokasi KIE BKKBN, Sugiono di Pontianak, Sabtu.

Dia menegaskan melalui kegiatan pagelaran budaya seperti itu juga merupakan penguatan program advokasi dan KIE. Apa lagi yang hadir para pejabat pengambil kebijakan yang terlibat langsung dalam pembangunan.

"Makanya saya menyarankan agar Pandawa atau sanggar budaya tradisional lainnya dapat dilibatkan menjadi pendamping kampung KB yang ada di Kalbar. Saya yakin hal ini efektif dalam mrngkampayekan program KKBPK," katanya.

Hal senada juga disampaikan, Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Barat, Kusmana. Dia mengatakan melalui pagelaran wayang kulit ini maka pesan-pesan program pembangunan termasuk  program pembangunan keluarga.

"Pesan-pesan yang di sampaikan cukup baik bisa diterima oleh komunitas masyarakat Jawa di Kalbar. Dan, dengan tampilnya wayang kulit sebagai media ini merupakan kondisi harmonidasi antar komunitas suku yang ada di Kalbar. Ini tergambar dalam kegiatan malam ini, dimana pagelaran wayang kulit dapat dilakukan di rumah Radankg rumah adatnya suku Dayak," kata Kusmana.

Menurutnya, terciptanya kehidupan harmonis antar masyarakat juga merupakan salah satu pembangunan keluarga. Ini akan terus dipelajari dalam mencoptakan harmonisasi antar komunitas masyarakat dalam bingkai kesatuan dan persatuan NKRI.

"Kedepan dalam mengkampayekan program KKBPK kami akam mengoptimalkan pagelaran wayang kulit sebagai media kampaye di kampung-kampung KB terutama yang ada komunitas suku Jawa-nya," kata Kusmana.

 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019