Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal (Pol) Didi Haryono menginstruksikan kepada seluruh Polres untuk memaksimalkan pengamanan surat suara yang mulai didistribusikan KPU Kalbar ke daerah.

"Saya menegaskan bahwa berbagai pengamanan oleh jajaran kepolisian dalam Pemilu 2019 yang satu di antaranya adalah pendistribusian surat suara, harus dilakukan maksimal oleh petugas kepolisian di daerahnya masing-masing," kata Kapolda Didi di Pontianak, Sabtu.

Jenderal bintang dua itu juga berkomitmen menjaga keamanan selama menjelang hingga masa penetapan dari proses Pemilu 2019 ini.

Hal itu dilakukan guna memberikan rasa aman untuk rakyat. "Tentunya jajaran KPU, Bawaslu, TNI Polri sudah sepakat untuk melakukan pengawalan dan pengamanan di segala aspek dalam rangkaian Pemilu 2019 ini," tuturnya.

Didi menjelaskan, surat suara merupakan dokumen negara yang harus diamankan mulai dari titik kedatangan, titik berangkat lagi ke tempat tujuan.?

"Makanya, seluruh jajaran kepolisian yang ada di daerah, wajib untuk mengamankan surat suara ini," katanya.

Sementara itu menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat, Ramdan S Pd.I M.Pd,pengiriman surat itu merupakan pertama sekali dikirim ke Kabupaten Sambas berjumlah 2.195.593 terdiri dari 3.737 kotak meliputi lima jenis surat suara mulai dari Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang ada di dapil Kabupaten Sambas.

"Tentunya setelah proses dikirim ini, nanti diamankan dulu, dimasukkan di gudang, akan ada tahapan proses sortir dan lipat suara yang tentunya ada petunjuk teknis lanjutan dari KPU RI yang kami tunggu," kata Ramdan.

Untuk pengiriman tahap selanjutnya, kata Ramdan, pihaknya sudah dikonfirmasi dari pihak perusahaan yang akan dikirim per tanggal 18 mulai diberangkatkan surat suara untuk Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang.

"Jadi kami masih menunggu, kalau nanti sudah sampai di pelabuhan Pontianak, akan kita lakukan koordinasi terus dengan pihak Polda Kalbar," tuturnya.

Pada kesempatan itu, mewakili KPU Kalbar, dirinya berterima kasih kepada Polda Kalbar dalam proses pengiriman surat suara ke Kabupaten Sambas koordinasi dengan berbagai pihak sejak awal.

"Dari awal dengan pihak Polda Kalbar, Bawaslu dan stakeholder kemudian ikut dilakukan proses pengawalan pihak keamanan sampai ke Sambas," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019