Putussibau (Antaranews Kalbar) - Kepala Kantor Seksi Logistik Bulog Putussibau, wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Sabarani mengatakan ketersediaan beras di gudang saat ini sebanyak 767 ton.

"Ketersediaan beras kita mencukupi hingga beberapa bulan kedepan," kata Sabarani, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa.

Dijelaskan Sabarani, untuk beras sejahtera (Rastra) alokasi Januari - April sebanyak 513,40 ton yang disalurkan sebanyak 128,26 ton/bulan untuk 12.826 keluarga penerima manfaat.

Menurut dia, Bulog siap menyalurkan Rastra tersebut, karena sebelumnya pun telah berkoordinasi dengan camat se-Kapuas Hulu sehingga tepat sasaran.

Baca juga: OP beras Bulog Kalbar tahun 2018 capai 10.218 ton

"Kami siap menyalurkan sampai titik distribusi yang ditentukan, selanjutnya akan menjadi kewenangan pihak desa atau kecamatan," jelas Sabarani.

Selama ini, kata Sabarani, tidak pernah ada kendala dalam penyaluran Rastra kecuali jika kondisi alam bagi daerah pesisir Sungai Kapuas, karena jika sungai mengalami pendangkalan akan menyulitkan penyaluran.

Sedangkan untuk penyaluran Rastra ke daerah perbatasan Indonesia - Malaysia seperti Kecamatan Puring Kencana juga lancar karena kondisi jalan sudah cukup baik.

Baca juga: Ketersediaan beras Kapuas Hulu aman hingga awal 2019

Selain beras, saat ini Bulog Putussibau juga memiliki ketersediaan gula sebanyak 143 ton yang dijual dengan harga Rp11 ribu/kg, kemudian minyak goreng sebanyak 2.000 liter dengan harga Rp12.500/liter.

"Jadi Bulog selain menyalurkan Rastra, juga punya program operasi pasar dengan tujuan untuk stabilisasi harga sembako di pasaran," kata dia.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019