Pontianak (Antaranews Kalbar) - Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengungkapkan, pihaknya terus mendorong Credit Union (CU) untuk melakukan inovasi dan menggerakkan sektor riil untuk menghidupkan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Landak.

"Sehingga harapan kita bisa mengembangkan ekonomi kerakyatan, karena CU menjangkau hingga ke tingkat desa bahkan dusun di Kabupaten Landak ini," kata Karolin, Rabu, di Landak.

CU merupakan lembaga keuangan yang ramah dan familiar dengan masyarakat, terutama untuk akses permodalan (modal usaha) yang mudah dijangkau, kata bupati.

Sebagai salah satu penggerak ekonomi kerakyatan, Karolin tidak ingin CU hanya sebagai tempat simpan pinjam saja, tetapi juga wajib meningkatkan kapasitas anggota nya.

Baca juga: Koperasi Kredit Sudah Jadi Soko Guru Perekonomian di Kalbar

Sehingga para anggota CU bisa menjadi anggota yang produktif dengan memanfaatkan akses modal usaha, bukan hanya sekedar anggota konsumtif.

"CU merupakan salah satu penggerak ekonomi kerakyatan, yang saat ini jumlah anggota dan aset-nya terbesar. Dengan melibatkan CU, Kabupaten Landak bisa mendapatkan bantuan dalam mengatasi kesulitan di landak," tuturnya.

Karolin juga mengapresiasi apa yang selama ini sudah dilakukan oleh CU unik generasi muda, diantaranya dengan memberikan kesempatan kepada anak muda untuk berkreasi.

Hal tersebut menurut Karolin juga mempengaruhi anak muda untuk bergabung menjadi anggota CU. "Sehingga di usia muda nya, mereka tidak malu menjadi anggota CU, karena ini menjadi tempat mereka mendapatkan modal usaha," katanya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Landak Vinsensius mengatakan, secara khusus, Pemerintah Kabupaten Landak mengapresiasi pengurus, pengawas dan manajemen serta seluruh anggota CU Banuri Harapan Kita, atas terselenggaranya Rapat Anggota Tahunan (RAT) ini.

Baca juga: CU Muara Pesisir Target Aset Rp20 Miliar

Vinsensius mengungkapkan CU Banuri Harapan Kita sudah lama menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Landak. Pada tahun 2018 lalu, ada beberapa program kegiatan dari Pemda Landak yang disenergikan dengan CU BHK, diantaranya adalah program kegiatan pengembangan sektor pertanian, yang secara spesifik khusus tanaman padi.

"Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Landak mengucapkan terima kasih kepada CU BHK, karena sudah membantu pemerintah melakukan pembinaan secara sinergis serta menggerakkan ekonomi kerakyatan," katanya.

Vinsensius berharap sinergisitas yang sudah terjalin ini bisa terus dikembangkan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Landak.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019