Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan meminta semua elemen masyarakat mengawal rencana pembangunan yang telah disepakati dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa dan kecamatan agar apa yang dibutuhkan mereka dapat diakomodasi.

"Setiap menghadiri kegiatan musrenbang di tingkat kecamatan, saya sudah bilang sama Pak Camat, untuk kegiatan bersama silakan disepakati, kemudian untuk yang desa-desa silakan disepakati untuk tahun 2020, agar terakomodir hasil dari musrenbang desa dan semua ini nantinya akan masuk juga dari pokok-pokok pikiran yang ada dari teman-teman DPRD yang melakukan reses," katanya saat menghadiri Musrembang Kecamatan Sungai Kakap di Kubu Raya, Kamis.

Dia juga meminta para anggota DPRD menampung hasil musrenbang tersebut, agar apa yang benar-benar menjadi kebutuhan masyarakat bisa terkawal dengan baik di RKPD Kubu Raya 2020.

Baca juga: Pemkot Pontianak gelar musrenbang rancangan kerja pembangunan daerah 2020

Muda menjelaskan saat ini pihaknya sedang membuat aplikasi berbasis IT untuk semua program pemerintahan.

"Apabila kita sudah memulai dengan sistem informasi secara aplikasi yang berbasis IT maka semua program yang ada bisa dilihat langsung oleh masyarakat dan itu tidak bisa diubah-ubah sembarangan karena sudah disepakati bersama," tuturnya.

Ia mengatakan penerapan sistem aplikasi tersebut dirasakan perlu agar semua pihak bisa konsisten dan dari tahun ke tahun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) itu juga konsisten dilaksanakan, sehingga jelas yang mau diarahkan, ke mana target dan sasarannya.

Baca juga: DPRD Singkawang siap kawal usulan Musrenbang kecamatan

"Karena itu, saya berharap semua pihak mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, hingga anggota DPRD Kubu Raya dapat saling bersinergi dalam pelaksanaan musrenbang, sehingga prioritas pembangunan pada tahun 2020 dapat kita tentukan dan akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," katanya.

Ia mengatakan pemda akan terus melakukan percepatan-percepatan pembangunan guna meningkatkan pelayanan dasar masyarakat, terutama peningkatan pelayanan kesehatan, pendidikan, infrastruktur, hingga pertanian, sehingga masyarakat dapat merasakan langsung manfaat dari apa yang telah dilakukan pemerintah daerah.

"Dengan sudah dilakukan musrenbang di semua desa, maka kita berusaha mengejar percepatan-percepatan. Artinya kita berusaha untuk melakukan rencana yang bisa efektif, tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat guna", kata Muda.

Baca juga: Musrenbang Kecamatan Belitang Hilir sempat molor sejam

Dia juga meminta hasil musrenbang kecamatan dimasukkan dalam SKPD agar menjadi RKPD dan ruang, agar menjadi kebijakan umum anggaran dan pelaporan yang perlu diprioritas agar benar-benar terkawal serta menyambung dengan kebutuhan dan suara masyarakat di level bawah, di semua sektor.

"Baik infrastrukturnya, pelayanan kesehatan, pendidikan, peningkatan derajatnya, dan juga percepatan dari penanggulangan kemiskinan. Kemudian juga hal-hal masalah sosial ini seluruhnya yang banyak item yang harus kita kejar, termasuk bagaimana pemberdayaan-pemberdayaan rumah tangga keluarga, budaya, perempuan, dan juga peningkatan UMKM," katanya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019