Bupati Kubu Raya, H. Muda Mahendrawan, menargetkan dalam tiga tahun ke depan, semua SMP yang ada di kabupaten itu bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Saat ini, dari 226 SMP sederajat yang ada di Kubu Raya, baru 52 sekolah yang sudah melaksanakan UNBK sedangkan 147 sekolah masih melaksanakan UNKP. Kita targetkan dalam tiga tahun ke depan, semua sekolah bisa melaksanakan UNBK ini," kata Muda, usai meninjau pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 1 Sungai Raya, Senin.

Dia mengatakan, pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan termasuk sarana komputer untuk UNBK semua sekolah sudah bisa melaksanakan itu.

"APBD murni di sektor pendidikan mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir ini, tentunya kita akan berupaya untuk meningkatkannya lagi, agar anggaran standar untuk pendidikan yang sesuai undang-undang dapat terlaksana dengan baik," paparnya.

Bupati Muda juga mengingatkan agar pihak sekolah dapat terus meningkatkan kualitas siswa maupun kualitas sekolah, dan diharapkan partisipasi dari komite sekolah ke depannya juga menjadi lebih baik.

"Masyarakat juga kami harapkan ikut terlibat mengawal dan mendukung arah kebijakan agar seluruh sekolah dapat mengikuti UNBK," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019