Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Herman Asaribab didampingi Para Pejabat Teras Kodam XII/Tpr serta Ketua Persit KCK PD XII/Tanjungpura di Kabupaten Kapuas Hulu berkesempatan mengunjungi Pos Kotis Nanga Badau dan Pos Gabma Lubok Antu.

Kegiatan itu merupakan rangkaian kunjungannya ke wilayah pos pengamanan perbatasan RI-Malaysia. Di Pos Kotis Nanga Badau kedatangan Pangdam XII/Tpr beserta rombongan disambut oleh Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Infanteri Raider 301/Prabu Kian Santang, Letnan Kolonel Inf Andi Hasbulah serta personel Satgas Pamtas Yonif R 301/Pks.

"Pangdam XII/Tpr beserta rombongan juga menyempatkan diri berkeliling meninjau lingkungan Pos Kotis Nanga Badau. Sebagai Pangkoops Satgas Pamtas RI-Malaysia, Pangdam XII/Tpr juga memberikan pengarahan kepada personel Pos Pamtas Nanga Badau yang berlangsung di halaman Pos Kotis Nanga Badau," kata Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe di Kapuas Hulu, Kalbar, Kamis.

Kepada personel Satgas Pamtas yang sedang bertugas Pangdam memberi ucapan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang beragama Muslim.

"Beliau menekankan pada personel Satgas Pamtas untuk selalu menjaga kebersamaan selama dalam pelaksanaan tugas. Selain itu juga agar selalu menjaga hubungan baik dengan masyarakat di perbatasan dan selalu membantu kesulitan masyarakat," katanya.

Usai melakukan kunjungan ke Pos Kotis Nanga Badau, Pangdam XII/Tpr beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke Pos Gabungan Malindo (Gabma) yang berada di Lubok Antu, Sarawak, Malaysia.

"Kunjungan Pangdam XII/Tpr di Pos Gabungan Malindo (Gabma) ini, dalam rangka mengecek  kondisi pasukan Satgas Pamtas Yonif 310/Pks yang ada di sana serta melakukan dialog dan pengarahan kepada personel yang bertugas disana," kata Kapendam XII/Tpr.

Ia menambahkan, bahwa Pos Gabma merupakan pos yang diisi oleh prajurit dari TNI dengan TDM, dan mereka berada dalam satu Pos untuk melakukan kegiatan bersama-sama. Salah satunya adalah Pos Lubok Antu yang berada di Kampung Lubok Antu bagian Sri Aman Negeri Serawak Malaysia.

"Saat ini ada 4 (empat) Pos Gabma, dimana 2 (dua) Pos Gabma berada di wilayah Republik Indonesia yaitu di Sajingan Besar di Kabupaten Sambas dan Entikong di Kabupaten Sanggau. Kemudian masih ada dua Pos Gabma yang berada di wilayah Sarawak Malaysia yaitu di Biawak dan Pos Gabma Lubuk Hantu," katanya.

Sebelumnya, Pangdam XII/Tpr beserta rombongan juga telah mengunjungi dua Pos Pamtas lain yakni Pos Pamtas Kapar dan Pos Pamtas Keladan.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019