Jajaran kehumasan di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri di seluruh Indonesia untuk meningkatkan peran dan fungsi masing-masing sekaligus berkolaborasi dengan satuan kerja lain di bawah Kementerian Agama.
"Humas Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri punya peran yang sangat strategis untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kampus dan Kementerian Agama. Karena itu humas harus berperan aktif dan meningkatkan kinerjanya," kata Plh Irjen Kemenag RI, Dr. H. Rojikin, MH, saat membuka acara Rapat Koordinasi Kehumasan Bidang Pengawasan Tingkat PTKN yang digelar Itjen Kemenag di Bintaro, Tangerang, Kamis.
Dalam kegiatan yang diikuti oleh para pejabat eselon IV yang menangani bidang kehumasan di tingkat PTKN se-Indonesia itu, ditegaskan pula bahwa untuk melaksanakan peran kehumasan itu perlu didukung oleh para rektor/ketua PTKN dengan menyediakan anggaran yang memadai.
"Rajanya dunia itu berita. Karena itu humas perlu didukung dengan anggaran yang memadai. Berita yang dipublikasikan itu sebagai bentuk akuntabilitas kinerja satker kepada masyarakat. Beritakan segala prestasi yang telah dicapai," tegasnya.
Sementara Kasubbag Tata Usaha dan Humas Itjen Kemenag RI, Nurul Badruttamam meminta agar seluruh humas pada Kementerian Agama saling membesarkan.
"Selama ini humas pada satker Kementerian Agama terkesan bekerja sendiri-sendiri. Mestinya sebagai keluarga besar Kementerian Agama kita para humas harus bersinergi dan saling membesarkan. Seharusnya kita warga Kemenag itu harus saling dukung dalam pemberitaan dan media sosial," kata dia.
Untuk mengokohkan peran humas tersebut, pihaknya telah membuat program agar terbangun komunikasi yang intens antara humas Itjen, Kanwil Kemenag, dan PTKN.
"Diantara program tersebut, terbentuknya komunitas penulis dengan target satu orang, satu tahun menerbitkan satu buku. Kemudian telah dibentuk komunitas foto, vlog dan film dengan target satu orang, satu bulan melahirkan satu produk. Kemudian program penguatan early warning system," ujar dia.
Rapat Koordinasi Kehumasan Bidang Pengawasan Tingkat PTKN itu digelar pada 16 - 18 Mei 2019 di Hotel Avairy Bintaro.


 

Pewarta: Teguh/Aspari Humas IAIN Pontianak

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019