Bupati Kayong Utara Citra Duani mengatakan akan segera mengirimkan bantuan untuk para korban longsor di Kecamatan Kepulauan Karimata.

"Atas nama kepala daerah dan wakil kepala daerah beserta segenap Pemda Kayong Utara dan jajaran, saya menyampaikan turut belasungkawa atas musibah tanah longsor yg terjadi di Desa Betok Kecamatan Kepulauan Karimata. Kita akan segera mengirimkan bantuan untuk korban yang mengalami musibah,” ujarnya kepada wartawan ketika dihubungi di Pontianak, Kamis malam.

Meski saat ini berada di Pontianak, Bupati mengatakan dia sudah menginstruksikan kepada Wakil Bupati Effendi Ahmad agar segera melakukan rapat dengan BNPB, dinas sosial, Dinas pendidikan, Camat Kepulauan Karimata dan OPD terkait lainnya dan segera melakukan tanggap darurat.

“Saya sudah perintahkan, untuk melakukan evakuasi dan mengirimkan bantuan kepada para korban, serta mengatasi sarana transportasi yang tertutup tanah longsor, dan lain sebagainya,” jelasnya lagi.

Berdasar hasil komunikasi Wakil bupati dengan Kepala Desa Betok, untuk sementara warga bergotong royong menyelamatkan warga dan jalan.

"Besok bantuan akan diserahkan secara simbolis oleh wakil Bupati ke Camat Kepulauan Karimata dan langsung dibawa melalui kapal dari Ketapang," ujar Citra.

 Kepada seluruh warga Kayong Utara ia mengimbau agar selalu siaga meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi cuaca ekstrim akhir-akhir ini.

Dihubungi terpisah, Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad, Mengaku sudah mendapatkan perintah dari bupati untuk segera mengirimkan bantuan ke warga Desa Betok Kecamatan Kepulauan Karimata.

"Insyaallah besok, usai Shalat Jumat kita akan menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Camat Kepulauan Karimata. Kita berharap masyarakat Desa Betok dapat tabah menghadapi musibah ini. Semoga ujian dan musibah yang datang di bulan Ramadhan ini, akan membuat kita menjadi hamba Allah yang senantiasa ingat akan sang pencipta,” tutur dia.

Pewarta: Rizal/Humas KKU

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019