Pemkot Pontianak mulai menempa 228 pegawai baru lulus CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil)  dengan mengikutsertakan pelatihan dasar di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Wali Kota Pontianak.

"Pelatihan dasar ini wajib diikuti CPNS selama masa prajabatan, karena bertujuan mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi," kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Senin (24/6).

Terintegrasi, artinya penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS yang memadukan antara pelatihan klasikal dengan non klasikal dan kompetensi sosial kultural dengan kompetensi bidang, katanya.

Menurut dia, selain mengembangkan kompetensi CPNS, pendidikan pelatihan dasar itu juga untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan.

"Serta karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab serta memperkuat profesionalisme maupun kompetensi bidang," ungkapnya.

Sebagai pelayan masyarakat, lanjutnya, agenda ini dalam rangka membentuk karakter PNS yang kuat, perekat pemersatu bangsa sekaligus pelaksana kebijakan publik.

"Para CPNS diharapkan langsung bisa beradaptasi dengan cepat di tempat kerja yang baru dan menunjukkan kinerja yang bagus," ujarnya.

Edi juga berharap para CPNS di jajaran birokrasi ini mampu memperkuat dan meningkatkan kinerja Pemkot Pontianak secara umum. "Para CPNS harus memiliki kemampuan beradaptasi, menjunjung tinggi idealisme dan bekerja keras sesuai kemampuan masing-masing," katanya.
 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019