Perwakilan BKKBN Kalbar bekerjasama dengan Pemkab Mempawah melalu Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Mempawah, mengelar peringatan hari kontrasepsi sedunia dan di rangkai dengan peringatan HUT ke-74 RI.

"Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk apresiasi kepada wilayah Kecamatan Sadaniang, karena di sini progres program Kampung KB lebih cepat dibandingan wilayah lainnya di Kalbar," kata Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Kusmana di Mempawah, Kamis.

Ia menjelaskan, berbagai kegiatan mengisi peringatan hari kontrasepsi sedunia dan HUT RI yang berlangsung hingga dua hari tersebut, diantaranya diawali dengan pemutaran film dari BKKBN, kemudian dilakukan kegiatan senam, sunatan massal, donor darah, pengobatan, pemasangan alat kontrasepsi secar gratis.

Ia mengatakan kegiatan itu juga merupakan apresiasi negara yang hadir dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di Sadaniang yang masih merupakan daerah terpencil dan susah di jangkau.

"Ini wujud apreseiasi negara hadir untuk rakyat melalui kami dalam rangka HUT RI, hari kontrasepsi sedunia dan hari remaja internasional," kata Kusmana.

Sementara itu, Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Panji mengatakan kerjasama antara BKKBN dan Dinas Kesehatan Mempawah itu sangat perlu terus ditingkatkan.

"Kami tentu saja memberi apresiasi kepada BKKBN Kalbar bersama Dinas Kesehatan Mempawah yang bisa bekerjasama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di Kecamatan Sadaniang," kata M Panji.

Ia berharap, kerja sama yang telah terwujud ini baik itu tentang pelayanan keluarga berencana, pembangunan bersama melalui program Kampung KB dan lain sebagainya terus berlanjut.

"Kami akui wilayah Kecamatan Sadaniang ini masih merupakan daerah terpencil. Untuk itu kami menginginkan kerja sama ini akan terus dilakukan secara berkesinambungan dan juga bisa dilakukan di kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Mempawah ini," katanya.

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019