Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan, peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019 tahun ini menjadi momentum bagi seluruh atlet untuk meningkatkan prestasi.

"Hari olah raga nasional ini menuntut kita untuk meningkatkan prestasi di bidang olahraga, khususnya bagi para atlet yang ada di Kalimantan Barat," kata Sutarmidji seusai memimpin apel peringatan Hari Olahraga Nasional di halaman kantor Gubernur Kalbar, Senin.

Baca juga: KONI Singkawang Tak Peringati Haornas
Baca juga: Delapan Kabupaten Ikuti Haornas Ke-34 Kalbar

"Untuk pelaksanaan pesta olahraga tingkat Asia, negara kita kemarin sudah menunjukkan prestasi yang sangat bagus bahkan sukses menggelar Asian Games dan atlet kita banyak yang menorehkan prestasi, tidak hanya pada Asian Games, tetapi pada kegiatan olahraga lainnya untuk skala internasional."

Sekarang untuk Kalbar, menurutnya, jika setiap pengurus cabang olahraga melakukan pembinaan yang baik kepada para atletnya, dipastikan prestasi olahraga Kalbar akan membaik.
 
Kegiatan olahraga massal pada peringatan Haornas di Kalbar (Rendra Oxtora)


Sebagai pemerintah daerah, Sutarmidji menegaskan bahwa Pemprov Kalbar telah memberikan perhatian besar kepada para atlet. Untuk itu dia berharap kepada Koni untuk bisa terus melakukan pembinaan kepada seluruh pengurus cabang olahraga nya.

"Saya juga minta kepada setiap pemda yang ada di Kalbar agar bisa memberikan perhatian lebih kepada para atletnya. Jika ada kegiatan olahraga, sayangnya masih banyak Pemda yang tidak mengirimkan atletnya karena alasan anggaran," katanya.

Baca juga: KONI Singkawang Gelar Turnamen dalam Rangka Haornas
Baca juga: Rangkaian Kegiatan Haornas di Kabupaten Sintang

Dia menyatakan, mengenai hal itu dirasakan memang menjadi kendala. Namun, ke depan dia menyarankan agar setiap Pemda bisa memfokuskan pembinaan pada cabang olahraga unggulan di setiap daerahnya, agar fokus pembinaan bisa dilakukan.

"Jangan semuanya mau difokuskan, jelas akan sulit. Fokus saja pada cabang olahraga unggulan dan atletnya memiliki potensi untuk berkembang," tuturnya.

Pada peringatan hari Olahraga Nasional di Kalbar, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat menggelar kegiatan senam massal yang diikuti semua PNS yang ada di lingkungan pemprov Kalbar.

Selain itu, Gubernur Kalbar Sutarmidji juga membagikan sepeda kepada sejumlah siswa berprestasi yang dari beberapa sekolah yang ada di Kalbar.

Baca juga: Presiden Tiba di Yogyakarta Hadiri Haornas
Baca juga: Sintang Tuan Rumah Hari Olahraga Nasional
Baca juga: Ketua PMI Kalbar Ajak Masyarakat Jadikan Olahraga Gaya Hidup
   

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019