Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Kusmana mengatakan didirikanya Kampung KB merupakan salah satu sarana untuk mengisi berbagai sektor pembangunan, termasuk yang ada di Desa Teluk Bakung, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar.

"Di Kampung KB Teluk Bakung kami telah memfasilitasi dan menawarkan pembangunan kepada pihak PLN dan Dinas Perikanan Kubu Raya. PLN ini kebetulan memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Desa Teluk Bakung yang menginginkan adanya pemasangan listrik, dan kami telah mempertemukan antara konsumen dan produsen agar wilayah desa itu dapat dialiri listrik," kata Kusmana di Kubu Raya, Kamis.
Baca juga: BKKBN Kalbar dorong Kampung KB bersinergi dengan program Desa Mandiri
Baca juga: BKKBN ingatkan remaja generasi yang potensial

Kebutuhan listrik ini memang sudah lama didambakan oleh masyarakat Desa Teluk Bakung yang hingga kini belum teraliri listrik. BKKBN sebagai salah satu instansi pemerintah yang bisa mempertemukan antara masyarakat desa itu dengan pihak PLN, katanya.

"Pertemuan di aula Kantor Desa Teluk Bakung ini sengaja kami lakukan agar antara keinginan masyarakat dan kesediaan listrik dari PLN dapat mewujudkan di desa itu. Dengan ketersedianya listrik ini tentu diharapkan mampu mempengaruhi kemajuan pembangunan di bidang lain termasuk pembangunan program-program KB," katanya.

Selain PLN, hal yang sama juga BKKBN Kalbar tawarkan kepada Dinas Perikanan Kubu Raya. Teluk Bakung ini merupakan wilayah yang sangat potensi sekali untuk mengembangkan ikan air tawar dan kebetulan kualitas air di desa ini memenuhi persyaratan.

"Dengan pengembangan perikanan di Teluk Bakung ini diharapkan perekonomian masyarakatnya dapat meningkat terutama dari sektor perikanan," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemerintahan (Kasipem) Desa Teluk Bakung, Ignasius Dundus mengatakan, pihaknya memang sangat membutuhkan energi listrik dari PLN.

"Listrik memang sudah lama kami dambakan masuk dan menerangi desa ini. Mudah-mudahan di usia 74 tahun Indonesia merdeka ini, Desa Teluk Bakung dapat dialiri listrik oleh PLN dan membawa kemajuan bagi desa kami," katanya.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019