Bupati Mempawah, Provinsi Kalbar, Erlina Ria Norsan mengatakan, saat ini pembangunan berbagai infrastruktur di kabupaten itu terus meningkat, salah satunya Pelabuhan Internasional Kijing.

"Beberapa pembangunan yang saat ini dan akan terus berlangsung, yaitu pembangunan Pelabuhan Internasional Kijing, tempat wisata, infrastruktur pendidikan, pembangunan awal smelter dan sebagainya," kata Erlina Ria Norsan di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan, untuk pembangunan Pelabuhan Internasional di Kecamatan Sungai Kunyit saat ini dalam proses pengerjaan yang kini sudah mencapai 30 persen. Bila tidak ada halangan, pelabuhan itu akan beroperasi tahun 2020.

Menurutnya, saat ini Pemkab Mempawah sedang giat-giatnya melakukan percepatan pembangunan dalam menunjang kemajuan pembangunan di berbagai bidang di Mempawah.

"Memang di setiap pengerjaan pembangunan selalu ada keluhan tentang pembangunan yang sedang berjalan, dan masalah tersebut dapat kami atasi bersama-sama masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, selain pembangunan pelabuhan itu masih banyak pembangunan lain yang sedang dan akan dilakukan, salah satunya pembangunan smelter Inalum dan Antam.

"Insya Allah akhir tahun ini akan ada penancapan tiang atau pembangunan awal pabrik Inalum di Kabupaten Mempawah," ungkapnya.

Selain itu, potensi lain yang terus bergeliat maju yaitu wisata kuliner. Erlina memastikan, kuliner Mempawah sudah sangat dikenal, bahkan di tahun 2014 nikmatnya cita rasa kuliner Mempawah sudah sampai ke Inggris, yakni melalui kegiatan TP-PKK Mempawah.

"Melalui kegiatan ini, setelah TP-PKK menang di tingkat nasional, pada bulan Desember 2014, kuliner Mempawah diangkat mewakili Indonesia dalam kegiatan promosi kuliner berupa makanan lokal di sana, sedangkan untuk potensi wisata melalui Bumdes, kami mengembangkan wisata mangrove," katanya.

Sementara untuk bidang pendidikan, di tingkat nasional di Kabupaten Mempawah sudah ada IPDN dan Balai Perhubungan. Selain itu juga akan dibangun Politeknik Industri, STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara), sekolah pertanian dan sudah ada beberapa item pendidikan lainnya yang berskala nasional.

"Kami menginginkan dunia pendidikan di Mempawah ini terus maju. Dengan demikian, selain sebagai kota pelabuhan di Kalbar, Mempawah juga dapat menjadi kota pendidikan," katanya.

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019