Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) BKKBN, M Yani, menyebutkan dengan adanya kerjasama antar BKKBN dan Badan Pembinaan ldeologi PancasiIa (BPIP) akan terus menyampaikan nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah keluarga-keluarga di seleruh Indonesia, melalui pertemuan sosialisasi dan dialog-dialog dengan mengunakan ruang-ruang dan kelompok-kelompat mitra kerja yang sudah ada di BKKBN.

"Kegiatan ini memang kerjasama antara BKKBN dan BPIP pusat. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menyampaikan pesan-pesan baik dari BPIP sendiri yang saya nilai sangat perlu disampaikan seluruh lapisan masyarakat. Nah hal itu kami terapkan hari ini melalui sosialisasi nilai-nilai Pancasila melalui kelompok-kelompok mitra kerja kami," kata Deputi Bidang KSPK BKKBN, M. Yani di Pontianak, Jumat.

Hal itu, diungkapkanya saat di temui usai mengikuti kegiatan sosialisasi, advokasi dan KIE program KKBPK melalui implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pencegahan dan penanganan HIV/AIDS untuk para pekerja migran dan keluarganya di Provinsi Kalbar di Hotel Ibis, Pontianak.

"Kami berharap kedepan melalui kerjasama ini secara reguler kami akan memberikan informasi dan pengetahuan terkait nilai-nilai luhur dari Pancasila di tengah-tengah keluarga Indonesia," katanya.

Selain memberikan sosialisasi tentang program KKBPK, seperti yang saat ini yaitu menumbuhkan ketahanan keluarga untuk menghindarkan diri dari penularan HIV/AIDS, juga diharapkan adanya ketahan keluarga terhadap penguatan NKRI, menjauhkan dari paham radikalisme negatif kepada keluarga Indonesia melalui pemahaman Pancasila.

"Ini memang sejalan dengan program-program BKKBN. Di BKKBN ity ada program pembentukan karakter sejak dini di tengah keluarga. Nah, salah satu nilai-nilai karakternya itu sangat

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku pribadi maupun atas nama Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim penyelenggara atas kepercayaan yang diberikan kepada Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan ini.
Dalam kesempatan ini pula, kami sampaikan selamat datang dan terima kasih kepada bapak dan ibu.

Saudara/Saudari sekalian, para peserta yang berbahagia, karena diseia-seia aktifitasnya masih dapat meluangkan waktu untuk nadir pada kegiatan ini guns

Bapak Deputi BKKBN dan Sestama BPIP yang saya hormati, Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia Timur, Sarawak. lni menyebabkan akses menuju negara tetangga cukup mudah, sehingga banyak masyarakat dengan kondisi sosial ekonomi yang cukup lemah, memilih untuk bekerja di luar negeri sebagai salah satu jalan keluar dari permasalahan tersabut. Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang menyuplai pekerja migran terbanyak di Indonesia. Pekerja ini didominasi oleh kaum perempuan, banyak keluarga yang ditinggalkan oleh suami/istrinya, bapak/ibunya karena harus mencari nafkah di Iuar negeri. Hal ini berpengaruh terhadap pengasuhan anak dan anggota keluarga.

Dengan dilatar belakangi berbagai kondisi tersebut, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat bersama-sama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat terus menerus berupaya menggelorakan Program KKBPK khususnya Pembangunan dan Kesejahteraan Keluarga melalui kampanye “Dua Anak Cukup”, “Salam GenRe”. “Keluarga Berkualitas” untuk menuju Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera, karena ketahanan keluarga merupakan pondasi kokoh dalam ketahanan bangsa dan negara.

Hadirln yang saya hormati, kegiatan pada hari ini dihadiri oieh sebanyak 250 peserta yang berasal dari organisasi masyarakat diantaranya DPW SBMI Kalimantan Barat, SBMI Pontianak. SBMI Mempawah, Persatuan OranQ Melayu (POM), Yayasan Parinama Astha (PARTHA) Singkawang, para buruh dan mantan migran, serta mahasiswa/mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi di Pontianak. Pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari anggaran Satker Direktorat Advokasi dan KIE BKKBN TA 2019.

Demikian yang dapat saya sampaikan, tak Iupa kami haturkan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya apabila terdapat hal-hal yang kurang berkenan dalam fasilitasi pelaksanaan kegiatan ini. Selanjutnya mohon perkenan Bapak Deputi KSPK BKKBN untuk dapat memberikan arahan sekaligus membuka acara ini secara resmi.

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019