Dengan berbagai kemajuan diera saat ini tentu akan membuat rentannya kaum muda akan pengaruh hal-hal negatif. Untuk itu, pemerintah di Kecamatan Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu, berusaha semaksimal mungkin dalam menangkal dari berbagai godaan negatif, seperti minum-minuman keras, merokok, seks bebas dan narkoba.

"Dengan segala keterbatasan di Kecamatan Selimbau ini kami selalu memfasilitasi setiap kegiatan-kegiatan positif seperti olah raga, kesenian, dan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti penyelenggaraan STQ dan sebagainya yang selalu melibatkan anak-anak muda khususnya para pelajar," kata Camat Selimbau, Abdil Hasyim di Kapuas Hulu, Selasa.

Dalam menyiapkan generasi muda yang handal sebagai penerus, kata Abdil disadari bahwa hal ini tidak hanya tanggung jawab dari pemerintah saja akan tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama. Makanya disetiap kegiatan pihak Kecamatan Selimbau selalu melibatkan para orang tua dan tokoh-tokoh masyarakat.

Kuatnya pengaruh yang menjurus ke perbuatan negatif remaja ini perlu disikapi bersama. Ia bersyukur hampir seluruh pelajar mulai dari tingkat SMP dan SMA se-Kecamatan Selimbau, mendapatkan sosialisasi dan edukasi dari tim pelayanan KB Daerah Aliran Sungai Kapuas dari BKKBN Kalbar dan dari Kemhan, TNI dan Polri yang ikut dalam rombongan tersebut.

"Tentu kami sangat bersyukur anak-anak kami mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana merencanakan, hidup, kesehatan reproduksi, usia matang perkawinan, wawasan kebangsaan, cinta tanah air, Kamtibmas, bahaya narkoba dan hal lain yang sangat berguna bagi anak-anak kami dalam menghadapi dan menuju masa depan yang cerah," katanya.

Abdil menambahkan, dalam usaha menyukseskan wajib belajar ia selalu mendorong tersedianya sekolah-sekolah bagi putra-putri masyarakat Kecamatan Selimbau. Dengan adanya fasilitas sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA sederajat, maka diharapkan SDM Selimbau akan meningkat minimal berhasil menamatkan di tingkat SMA.

"Saat ini banyak anak-anak kami yang tamatan SMA melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi di Pontianak. Saya berharap dengan meningkatnya SDM anak-anak kami maka mereka bisa kembali membangun daerahnya hingga bisa berkembang maju dan tidak menjadi daerah terpencil lagi," pungkasnya.


 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019