Anda punya rencana untuk berlibur ke Kepulauan Riau, khususnya Kota Pekanbaru, ada baiknya untuk menyusun itinerary (rencana perjalanan) terlebih dahulu, agar di tempat tujuan anda tidak merasa bingung. 

Rencana perjalanan yang meliputi estimasi biaya keseluruhan akan memudahkan Anda dalam menekan pengeluaran.

Berikut ini adalah contoh itinerary untuk liburan selama empat hari tiga malam di Kota Pekanbaru. Estimasi bujet dapat anda tentukan sendiri, karena harga dapat berubah setiap saat. 

Di hari pertama kedatangan di Kota Pekanbaru, pilihlah penerbangan pagi dari kota anda berasal bila ingin merasa lebih puas menghabiskan waktu liburan di ibu kota Provinsi Riau tersebut. Saat anda tiba di Bandara Udara Sultan Syarif Kasim II, maka segera menuju akomodasi pilihan dan memilih hotel yang berlokasi di tengah kota, sehingga akan lebih mudah mencapai tempat-tempat wisata terdekat.

Tempat wisata di sekitar pusat Kota Pekanbaru yang wajib anda kunjungi, diantaranya adalah Pustaka Soeman H S (perpustakaan berfasilitas lengkap dengan desain arsitektur unik dan modern) dan Museum Sang Nila Utama (museum berisi koleksi benda-benda bernilai sejarah dari Provinsi Riau). 

Terdapat pula Masjid Agung An-Nur yang juga terkenal dengan julukan “Taj Mahal Versi Pekanbaru”. Bila anda datang ke sana pada malam hari, kemegahan dan keindahan masjid akan semakin terlihat, terutama dengan tambahan sorot lampu warna-warni. 

Kemudian, hari kedua, kunjungan ke Istana Siak Sri Indrapura, setelah puas berwisata di beberapa tempat wisata bersejarah di hari pertama, di hari ke-2 anda dapat sedikit bergeser ke Kabupaten Siak yang berjarak kurang-lebih 2,5 jam dari Kota Pekanbaru. Di sana, anda dapat mengunjungi Istana Siak Sri Indrapura yang megah dan merupakan warisan dari era Kesultanan Siak. 

Setelah itu, sempatkan juga mampir di beberapa tempat wisata sekitarnya, seperti Masjid Raya Syahabuddin dan Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. 

Hari ketiga, dilanjutkan dengan wisata alam dan kuliner di Pekanbaru, contohnya Taman Wisata Alam Mayang yang dilengkapi berbagai wahana mengasyikkan. Di tempat tersebut anda dapat berekreasi sekaligus berfoto-foto.  Setelah itu, saatnya membeli oleh-oleh dan berwisata kuliner.

Di Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Anda dapat melihat-lihat atau membeli buah tangan khas Kepulauan Riau, seperti kain songket, tenun, dan kerajinan tangan khas Melayu dari kayu. 

Bila ingin membeli oleh-oleh berupa cemilan, anda dapat mengunjungi Pasar Bawah. Di sana, tidak hanya tersedia aneka makanan ringan lokal secara “curah” atau kiloan, tapi juga makanan ringan yang diimpor dari negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

Nah, sekarang waktunya mencicipi kuliner khas Pekanbaru. Tipsnya, kunjungi tempat wisata kuliner yang legendaris, agar anda dapat merasakan cita rasa hidangan khas Riau yang autentik. Beberapa rekomendasinya adalah Kedai Kopi Indah Ria yang sejak tahun 70-an sudah menyajikan menu andalannya, yakni kwetiau goreng dan es kopi susu yang menggugah selera. 

Rekomendasi lainnya adalah Rumah Makan Cuik yang menyajikan gulai ikan Baung dan ikan Selais goreng yang lezat, atau Rumah Makan Pondok Patin HM Yunus yang menghidangkan pindang ikan Patin yang menggoyang lidah. 

Setelah puas berwisata selama 3 hari sebelumnya, di hari ke-4 saatnya anda mengemasi barang-barang anda dan melakukan check-out dari hotel. Bila keberangkatan pesawat Anda dijadwalkan pada siang atau sore hari, anda masih dapat membeli sedikit lagi oleh-oleh khas Riau seperti lempok durian, keripik buah nanas, bolu kemojo, kacang pukul, dan dodol kedondong. 

Sudah menentukan itinerary wisata di Pekanbaru pilihan anda? Nah, sekarang waktunya anda mengecek harga tiket pesawat murah di aplikasi Airy, seperti
harga tiket pesawat Lion Air, Sriwijaya, dan Batik Air. Tenang saja, semua transaksi dengan Airy sangat mudah, aman, dan memuaskan. Tersedia pula  layanan reschedule dan refund saat anda mengalami kendala terkait perjalanan wisata anda. 


 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019