Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, dan Lingkungan Hidup  Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat kembali akan menghibahkan tanah kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk dibangun rumah khusus nelayan di Desa Satai Lestari, Pulau Maya.

"Jika kriteria rumah khusus ini diperuntukkan bagi masyarakat yang berprofesi nelayan , Pulau Maya sangat layak untuk mendapatkan bantuan ini," ujar Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad saat dihubungi di Sukadana, Senin.

Untuk pembangunan rumah khusus tersebut, pihaknya bersama anggota DPRD Kabupaten Kayong Utara dan Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR baru saja melakukan kunjungan ke Desa Satai Lestari.

"Kunjungan dilakukan untuk menentukan lokasi pembangunan rumah khusus Kementerian PUPR. Lokasi perumahannya di bibir pantai, aksesnya dekat dengan pelabuhan nelayan. Di sini cukup strategis dan untuk jalan pemukimannya akan kami upayakan melalui APBD Perubahan 2020," kata dia.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah banyak membantu masyarakat di daerah pesisir pantai dalam hal penyediaan rumah khusus nelayan.

"Semoga nelayan Indonesia, termasuk di Kayong Utara semakin sejahtera," katanya.

Sebelumnya, di Kabupaten Kayong Utara melalui program yang sama Perumahan PUPR telah membangun 25 rumah khusus nelayan di Desa Alur Bandung. Saat itu peletakan batu pertama oleh Bupati Kayong Utara.

Sebelum ke Pulau Maya, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR terlebih dahulu melakukan kunjungan ke rumah khusus yang telah dibangun di Desa Alur Bandung. Kunjungan dilakukan untuk memastikannya bahwa pembangunan perumahan yang menggunakan APBN itu layak dinikmati oleh masyarakat yang membutuhkan.

Dari pantauan di lapangan, dari sisi konstruksi dan lainnya, perumahan itu relatif baik dan layak untuk dihuni oleh masyarakat yang memang membutuhkan rumah khusus.

Hadirnya rumah khusus diharapkan dapat membantu nelayan. Nelayan tidak perlu khawatir lagi akan membangun rumah layak huni untuk menunjang kehidupan sehari - hari. Diharapkan kepada nelayan terus memelihara serta menjaga dengan baik bantuan itu.


Baca juga: Pemerintah bangun rumah khusus nelayan di Kayong Utara
Baca juga: 50 nelayan Kayong Utara terima rumah

Pewarta: Dedi/Rizal/Humas KKU

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019