Hujan deras yang mengguyur Kota Singkawang, beberapa hari terakhir mengakibatkan sejumlah halaman dan ruas jalan di kota itu mulai tergenang banjir.

Meski genangan air baru mencapai 10 sampai 25 centimeter, namun hal tersebut tentu saja menjadi kekhawatiran warga terutama yang tinggal di daerah rawan banjir.

Terkait hal itu, Ketua Korwil Tagana Singkawang, Feri Samson, di Singkawang, Rabu, mengimbau kepada warga untuk selalu meningkatkan kewaspadaan bilamana genangan air semakin tinggi.

Baca juga: Banjir merendam sejumlah rumah warga Boyan Tanjung Kapuas Hulu

"Karena berdasarkan pantauan kita, beberapa daerah seperti Rawasari, Lembah Murai, Gang Ikhlas, Pasar Baru, Jalan Semai dan Pajintan sudah mulai tergenang air," katanya

Dia juga mengingatkan, apabila banjir semakin tinggi, warga diimbau untuk waspada terhadap arus listrik yang berada di bawah tanah. Mengingat bencana datang tanpa permisi. Demikian pula dengan bencana longsor, terutama kepada warga yang tinggal di sekitar pegunungan dan Galian C.

"Hal ini saya ingatkan, karena bencana longsor pernah terjadi pada tahun 2015 silam, tepatnya di daerah Kopisan, Kecamatan Singkawang Selatan," ungkapnya.

Baca juga: Banjir di Kapuas Hulu rendam Pengkadan dan Boyan Tanjung

Jika hujan deras masih terjadi beberapa hari ke depan dan genangan air semakin tinggi, Tagana Singkawang sudah siap melakukan evakuasi warga ke tempat yang lebih aman.

"Bahkan jika memang dibutuhkan dapur umum, kita juga sudah siap mendirikan dapur umum bagi korban banjir," ujarnya.

Salah seorang warga Jalan Pasar Turi, Ita berharap hujan deras tidak lagi mengguyur Kota Singkawang.

Baca juga: Banjir Desa Bukit Segoler mulai surut

"Karena jika masih hujan lebat, maka banjir di Jalan Pasar Turi akan semakin meninggi," katanya.

Seperti biasanya, kedalaman air di Jalan Pasar Turi sampai sepaha orang dewasa. "Kalau sampai demikian, kasihan warga. Kalau kami ada loteng, sehingga kalau banjir kami naik ke atas," ujarnya.

Baca juga: Dewan minta siapkan rencana tata kota Pontianak yang berkelanjutan
Baca juga: Pemkot Pontianak: Air pasang sebabkan beberapa kawasan di Pontianak tergenang
Baca juga: Hujan, sejumlah lokasi di Kota Pontianak banjir
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019