Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi, mengatakan siap melaksanakan penghapusan ujian nasional di Kapuas Hulu Kalimantan Barat sebagaimana yang ditetapkan Menteri Pendidikan.
 
"Tahun 2020 UN masih dilaksanakan, tetapi mulai Tahun 2021 UN dihapus," kata Petrus Kusnadi, kepada Antara, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Jumat.
 
Petrus mengatakan baru-baru ini seluruh kepala dinas pendidikan seluruh Indonesia dikumpulkan dan Menteri Pendidikan menyampaikan kebijakan strategis nasional, diantaranya penghapusan ujian nasional.
 
Menurut dia, sebagai pelaksana tugas di lapangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu siap melaksanakan kebijakan tersebut.
 
"Ujian nasional nantinya akan digantikan pola penilaian berbasiskan kinerja sehingga pihak sekolah dituntut kemandirian antara guru dan siswanya," kata Petrus.
 
Dia berharap dengan adanya kebijakan penghapusan ujian nasional, kualitas pendidikan semakin meningkat sesuai dengan tekad Presiden.
 
"Kapuas Hulu sangat luas dengan sebaran guru tidak merata, mudah-mudahan dengan tidak adanya UN, kualitas pendidikan bisa lebih baik," kata Petrus.*
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019