Sebelum penyelenggara event Tour De Singkawang dalam Hari Juang TNI AD keesok harinya, Jumat (10/1) malam bertempat di Ballroom Hotel Aston, Kota Pontianak, Kodam XII/Tanjungpura, menggelar acara Welcome Dinner Bersama Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman. Acara itu dihadiri juga oleh Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat, para peserta tour dan sponsor.

"Saya lihat yang tertib berolahraga sepeda itu di Tanjungpura, setiap hari saya update foto yang dari seluruh Kodam, yang tertib disini Kodam XII/Tpr. Disini dua-dua rapi, tidak ada yang gerombolan dan tidak ada yang kebut-kebutan. Saya juga mengapresiasi Kodam XII/Tpr yang menurut pantauan saya selama ini selalu tertib dalam melaksanakan olahraga bersepeda," kata Letjen TNI Tatang Sulaiman di Pontianak.

Wakasad berharap dalam pelaksanaan Tour De Singkawang semua peserta dapat melaksanakan dengan tertib. Ditekankan pada peserta gowes jangan sampai semua jalan dari Pontianak ke Singkawang tertutup oleh peserta. Sehingga menyebabkan masyarakat pengguna jalan lainnya terhalang. 

"Jadi besok harus tertib, kemudian yang paling utama sebenernya sepeda ini kita mau gelorakan olahraga tiada hari tanpa olahraga. Mabesad itu mulai jam enam pagi sampai jam sepuluh olahraganya. Semuanya mau jalan, lari, sepeda dan angkat beban. Setelah jam 10 baru kita kerja, makanya ini juga kita sosialisasikan kepada seluruh prajurit Angkatan Darat," katanya.

Jenderal bintang tiga itu juga mengucapkan terima kasih atas penyambutan yang luar biasa. Disampaikan bahwa gowes Tour De Singkawang dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ini adalah ajang silaturahmi serta menjalin kebersamaan.

"Saya bisa turun bisa ketemu dengan Pangdam sebenarnya menagih janji, dua bulan yang lalu pada saat Pangdam mau serah terima kita lepas dengan naik sepeda, kemudian dalam sambutanya akan mengundang kita sekalian untuk datang ke Pontianak, maka dari itu janji itu dipenuhi hari ini," katanya.

Ia mengigatkan agar para peserta dapat bangun pagi, karena seluruh peserta akan berangkat sekitar pukul 05.00 WIB.

"Selamat bergowes ria, mudah-mudahan kita semua mendapat perlindungan selama di perjalanan, tetap sehat dan sampai tujuan dengan selamat," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengatakan, dirinya atas nama Pemerintah Provinsi Kalbar mengucapkan selamat datang kepada Wakasad beserta seluruh peserta Tour De Singkawang di Kalimantan Barat.

"Kalbar ini sebetulnya banyak hal menarik. Kalbar memiliki 300 destinasi wisata dan terkait dengan olahraga sepeda setiap tahun juga ada tour Sosek Malindo di perbatasan," katanya

Dan ini kedepannya perlu dikembangkan. Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada Pangdam, karena Kalbar ini dulunya banyak atlet sepeda.

"Even-even seperti ini perlu terus dikembangankan agar mampu melahirkan atlit-atlit sepeda Kalbar yang tangguh. Dan juga mempromosikan tempat-tempat wisata yang dilalui. Kalau perlu kedepan sampai ke Temajuk itu luar biasa dan pantainya luar biasa dan sangat menarik," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Wakasad, Letjen TNI Tatang Sulaiman  berkesempatan menyerahkan cinderamata berupa buku yang berjudul '426 Hari Mengabdi Untuk Negeri' diantaranya kepada Gubernur, Pangdam, Kapolda, Danlantamal, Danlanud, Kajati, Kapengti, Bupati Mempawah, Walikota Pontianak dan Bupati Kubu Raya.

Wakasad didampingi Forkopimda Kalbar juga menyerahkan penghargaan kepada pihak dan sponsor yang telah mendukung terselenggaranya Gowes 150K Tour De Singkawang. Sebaliknya Wakasad, Letjen TNI Tatang Sulaiman juga menerima cinderamata dari Walikota Pontianak, Edy Rusdi Kamtono.

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020