Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang Fransiskus siap mendukung peningkatan prestasi petinju asal daerah itu, seperti Hisar Mawan yang telah menorehkan prestasi yang baik di kancah nasional maupun internasional.

"Kami sebagai masyarakat Kabupaten Bengkayang tentu merasa bangga dan mengapresiasi setinggi-tingginya ada putra Bengkayang yang pada kesempatan ini ikut pertandingan tinju di tingkat nasional. Artinya kebanggaan ini tidak hanya dirasakan oleh keluarganya, tetap seluruh masyarakat Bengkayang," ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Rabu.

Terkait dengan bantuan, ia menyatakan jika tinju tersebut bersifat profesional tidak bisa memberikan bantuan dari APBD.

Akan tetapi, pihaknya akan KONI dan pemkab mendukung sepenuhnya terhadap petinju amatir.

"Kalau bersifat profesional saya yakin dan percaya tentu ada beberapa sponsor untuk mendukung dari pada putra-putri terbaik Bengkayang," katanya.

Pecinta olahraga yang juga mantan pengurus KONI Kabupaten Bengkayang Martinus Khiu memberikan dukungan kepada Hisar Mawan.

Ia berharap, pemerintah melalui KONI dapat memberikan dukungan penuh bagi atlet-atlet berprestasi.

"Kami masyarakat pecinta olah raga yang ada di Kabupaten Bengkayang memberikan doa dan dukungan sepenuhnya kepada Hisar Mawan, atlet petinju profesional asal Kabupaten Bengkayang yang saat ini sedang berlatih di Kayong Utara. Harapan kami tentunya agar pemerintah daerah melalui KONI dapat memberikan dukungan sepenuhnya kepada atlet-atlet yang sudah berprestasi di tingkat nasional bahkan internasional," kata dia.

Hisar Mawan, petinju kebanggaan Bengkayang, dijadwalkan bertanding pada 16 Februari 2020 di Cris Jhon Boxing Championship Jakarta, berhadapan dengan petinju asal Manado, Villy Rawung Pantouw.

Saat ini, pria yang beralamat di Jalan Satria Nomor 10 RT024/RW013 Kelurahan Bumi Emas, Kecamatan Begkayang itu tengah mempersiapkan diri dengan berlatih di Daud Boxingclub Milik Daud Cino Yordan di Sukadana, Kayong Utara, Kalbar.

Hisar Mawan sebelumnya juara tinju profesional kelas 48,9 kilogram nasional dan peringkat belasan di Asia.

Saat ini, Hisar Mawan fokus melakukan pelatihan dalam dua sesi, pagi dan sore. Pada pagi, ia latihan daya tahan dan sore latihan teknik. Latihan itu dilakukan "sparing" dalam seminggu tiga kali. Persiapan lainnya, berupa strategi, kekuatan, kecepatan, dan teknik.

"Harapan saya ini adalah kesempatan yang baik buat saya karena saya akan 'live' di tv swasta nasional dan yang akan hadir orang-orang besar dan kemenangan yang saya inginkan," kata Hisar.

Ia berharap, Pemkab Bengkayang memberikan dukungan, baik moril maupun materiil untuk laga yang akan dijalaninya.

"Saya harap Bengkayang bisa memberikan taringnya lagi untuk dunia tinju karena daerah kita juga sebenarnya bisa untuk menjadi sang juara baik tingkat provinsi maupun nasional. Meskipun saya berlatihnya saat ini di Kayong Utara saya tetap membawa nama Bengkayang, tempat kelahiran saya," katanya.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020