Wakil Ketua DPRD Singkawang, Sumberanto Tjitra mengusulkan agar pemerintah kota membuka pusat informasi mengenai virus corona berkaitan dengan banyaknya informasi yang disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab melalui media sosial.

"Apalagi masyarakat kita mudah menyerap semua informasi tanpa menyaringnya apakah itu benar atau hoaks," kata Sumberanto, Senin.

Ia meminta agar Pemerintah Kota Singkawang harus hadir memberikan informasi-informasi yang akurat.

Baca juga: Wali Kota Singkawang minta polisi tangkap penyebar hoaks Corona

Sumberanto juga mengimbau kepada pengguna medsos, untuk menyaring semua berita yang diterima guna menghindari informasi-informasi hoaks. "Kita juga mendukung langkah-langkah pemerintah dalam pencegahan dan pengendalian virus corona," tuturnya.

Bagaimanapun kewaspadaan itu sangat penting, agar terhindar dari virus yang lebih dahsyat dari SARS.

"Kami memang tidak boleh panik apalagi sampai ada ketakutan yang luar biasa, jalani kehidupan seperti biasa, dengan meningkatkan konsumsi air, makanan yang bergizi dan menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan pakai sabun," katanya.

Selain itu, gunakan masker kalau sedang berada di tempat umum. Menurutnya pula masker yang digunakan harus selalu diganti dengan yang baru.

Baca juga: Pemkot Singkawang gelar rakor pencegahan virus corona

Sebelumnya, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Singkawang, Barita P Ompusunggu mengatakan, jika pihaknya telah menyiapkan nomor pengaduan dan layanan masyarakat mengenai penyakit menular yang selalu standby selama 24 jam yaitu di nomor 0813 4559 3794.

"Untuk itu saya imbau ke masyarakat untuk tidak terlalu cemas, namun wajib waspada terhadap penyebaran wabah virus corona," katanya.

Pihaknya sudah melayangkan surat kepada seluruh rumah sakit dan puskesmas di Singkawang untuk siaga menghadapi kemungkinan masuknya virus coroan tersebut, katanya.

Baca juga: Dinkes Singkawang gelar rakor pencegahan virus Corona
Baca juga: Tjhai Chui Mie berharap Cap Go Meh tak terganggu penyebaran corona

   

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020