Masyarakat antusias menyaksikan pawai naga dan barongsai, terlihat dari membludaknya masyarakat di kawasan pecinaan, baik dari warga Tionghoa maupun warga lainnya. 

"Kita selalu seperti ini tetapi untuk Cap Go Meh tahun ini nampaknya antusias masyarakat lebih tinggi dari tahun lalu, dan juga tahun ini ada naga yang khusus panitia simpan di jalan Diponegoro untuk masyarakat selfie," kata Herdy pangestulin, selaku Ketua Panitia Cap Go Meh 2020 di Pontianak, Sabtu.

Dimulai dari jalan Diponegoro, melewati Jalan Gajah Mada, dan berakhir di Jalan Budi Karya, secara bergantian 24 naga dan 20 barongsai dari berbagai yayasan melewati dan memberikan atraksi yang membuat penonton tambah meriah dan ingin menyaksikan sampai selesai. 

"Kami telah melepas 24 naga dan 20 barongsai yang titik kumpulnya di mulai di jalan Diponogoro, melewati Jalan Gajah Mada, dan berakhir di Jalan Budi Karya," ujarnya. 

Tidak hanya naga dan barongsai, drum band dan kumpulan koko memei yang menggunakan baju khas China berwarna merah membuat acara menjadi lebih menarik. 

Salah satu pengunjung mengatakan bahwa dia sangat antusias untuk menyaksikan acara pawai naga dan barongsai setiap tahunnya walaupun harus rela desak-desakkan untuk berada paling depan agar lebih jelas melihat atraksi naga tersebut. 

"Setiap tahun saya selalu hadir untuk menyaksikan atraksi naga dan barongsai ini, walaupun harus saling desak desakkan untuk melihat lebih jelas atraksi naga yang melintas," ujar Eko Saputra, salah satu pengunjung. 

Setelah pawai naga dan barongsai, akan diadakan acara naga bersinar yang akan di mulai pukul 20.00 WIB dan di sambung hari Minggu acara bakar naga yang akan di lakukan di Adisucipto pukul 12.30 WIB. 

Beberapa ruas jalan akan ditutup dan diadakan rekayasa ruas jalan dibeberapa titik agar memperlancar masyarakat untuk menyaksikan perayaan Cap Go Meh 2020 Pontianak. 

"Rekayasa ruas jalan di alihkan termasuk juga di ring dua dan ring tiga, supaya aktivitas masyarakat dan perayaan Cap Go Meh semakin  lancar," kata Kapolresta Pontianak, Kombes (Pol) Komarudin.

Pewarta: Tim magang, Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020