Satuan Tugas Bencana Nasional BUMN Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Mempawah menyerahkan bantuan secara keseluruhan berupa belasan ribu unit alat pelindung diri untuk tenaga medis ke pemerintah daerah setempat sebagai bagian dalam upaya penanggulangan pandemi COVID-19 oleh BUMN.

Penyerahan disampaikan ke Bupati Mempawah Erlina yang didampingi jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah serta Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 di Kabupaten Mempawah, Selasa.

Koordinator Satgas Bencana Nasional BUMN Provinsi Kalbar di Kabupaten Mempawah, Teguh D Pratomo dari PT Borneo Alumina Indonesia mengatakan, sesuai tindak lanjut Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor: SK-77/MBU/03/2020 tanggal 17 Maret 2020 tentang Pembentukan Satuan Tugas Bencana Nasional Badan Usaha Milik Negara, serta meneruskan program Satgas BUMN Tingkat Provinsi Kalimantan Barat, tujuannya adalah untuk menyinergikan BUMN di daerah dalam membantu menangani COVID-19.

"Termasuk di Kalbar umumnya, dan khususnya di Kabupaten Mempawah," kata Teguh D Pratomo.

Di Kabupaten Mempawah sendiri, bantuan yang diserahkan tersebut dari sejumlah BUMN yang ada di wilayah itu seperti PT ANTAM Tbk, PT Borneo Alumina Indonesia (PT BAI), Bank BRI, dan Bank Mandiri.

Adapun bantuan yang diberikan dari PT ANTAM Tbk berupa Masker Surgical Medis sebanyak 9.000 unit, Masker N95 sebanyak 1.000 unit dan bilik sterilisasi sebanyak 1 unit.

Dari PT Borneo Alumina Indonesia (PT BAI), berupa baju alat pelindung diri (APD) Spundbond untuk ruang isolasi pasien sebanyak 200 unit, baju APD Coveralls Suit sebanyak 30 unit, hand sanitizer 25 liter dan cairan disinfektan 60 liter.

Sedangkan bantuan yang telah diberikan, dan telah disalurkan secara bertahap ke Posko Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah, puskesmas serta lokasi proyek, yakni berupa baju APD Coveralls Suit sebanyak 100 unit, sarung tangan medis sebanyak 600 pasang, masker Surgical Medis sebanyak 500 unit, Thermometer Gun sebanyak 2 unit, disinfektan sebanyak 140 liter.

"Dan saat ini juga sedang berjalan pembangunan sarana air bersih di 7 lokasi di Desa Bukit Batu, Kecamatan Sungai Kunyit," kata Teguh.

Sementara dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Mempawah, bantuan yang akan diberikan yakni APD Hazmat Suite Waterproof sebanyak 50 unit, sarung tangan medis sebanyak 500 unit, Thermometer Gun sebanyak 2 unit, dan wastafel umum sebanyak satu unit.

"Dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Mempawah, bantuan yang akan diberikan yakni APD Hazmat Suite Waterproof sebanyak 15 unit," kata Robby Wahyu Pahlevi, Branch Manager Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Mempawah, selaku BUMN pendamping Kabupaten Mempawah.

Selain itu, ada  Google Glass sebanyak 15 unit, sepatu boots sebanyak 15 unit, sarung tangan medis sebanyak 200 unit, masker Surgical Medis sebanyak 50 unit dan sprayer disinfektan sebanyak 2 unit.

"Semoga apa yang diberikan ini dapat bermanfaat dalam penanganan dan pencegahan bencana wabah COVID-19 di Kabupaten Mempawah, dan harapan kita bersama semoga kita selalu diberikan kesehatan, bencana ini dapat segera berakhir dan dapat kembali beraktivitas seperti biasanya," kata Robby.

Sekaligus, sebagai wujud hadirnya BUMN untuk Indonesia hingga di daerah. Sebelumnya, sejumlah BUMN di Kalbar juga telah menyalurkan bantuan ke pemerintah daerah dalam membantu menangani COVID-19.

Koordinator Satgas Bencana Nasional BUMN Provinsi Kalbar sesuai keputusan Kemen BUMN adalah PT ANTAM Tbk. Saat ini, telah dibentuk koordinator di seluruh kabupaten/kota di Kalbar untuk memudahkan sinergi dengan BUMN lain di daerah tersebut serta pemerintah daerah setempat dalam penanganan COVID-19.


 

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020