Seorang pasien positif COVID - 19, dari Dusun Lunsara, Desa Suka Maju, Kecamatan Putussibau Selatan, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, yang saat ini sedang menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Diponegoro Putussibau dalam keadaan sehat.

" Alhamdulillah, sampai saat ini yang bersangkutan dalam keadaan sehat, tidak ada gejala, tetapi hasil rapid tes masih reaktif COVID - 19," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Nazaruddin, dihubungi ANTARA, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin.

Dikatakan Nazaruddin, saat ini pasien masih beraktivitas seperti biasa di ruang isolasi di rumah sakit Putussibau.

Menurut dia, kondisi pasien masih terus dalam pemantauan petugas kesehatan dan dalam 14 hari ke depan, akan dilakukan pemeriksaan swab atau sample pasien ke laboratorium Fakultas Kedokteran Untan Pontianak.

" Kami masih lakukan konsultasi juga dengan dokter spesial penyakit dalam terkait kondisi pasien dan penanganan kedepannya," jelas Nazaruddin.

Selain itu, pemeriksaan sample pasien akan dilakukan dua kali berturut - turut kedepannya. Apabila dua kali hasil laboratorium sample pasien dinyatakan negatif COVID - 19 dan pasien dalam keadaan sehat, maka pasien akan di pulangkan ke rumahnya dan isolasi mandiri di rumah.

" Kami petugas kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan dan penanganan terbaik dalam penanggulangan COVID - 19, kita sama - sama berdoa mudah - mudahan pasien selalu sehat dan hasil laboratorium nantinya negatif, itu harapan kita," kata Nazaruddin.

Dia juga menegaskan kepada masyarakat agar tidak saling menyalahkan, mari kita bersatu padu tanpa menyudutkan satu dengan yang lainnya, bersama - sama kita lawan dan antisipasi sebaran COVID - 19.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020