Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kaimantan Barat memberikan bantuan kepada Pemkab Kubu Raya berupa 250 unit alat tes cepat (rapid diagnostic test) COVID-19 untuk mendukung upaya pencegahan wabah corona di kabupaten itu.

"Kadin Provinsi Kalimantan Barat kembali menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. Kali ini sebanyak 250 unit rapid test diserahkan perwakilan Kadin Kalbar," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Senin.

Sebelumnya pada Rabu (29/4) Kadin juga menyerahkan bantuan kepada Pemkab Kubu Raya berupa 2.500 helai masker. "Kita menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian, dedikasi, dan komitmen para pengusaha yang tergabung di dalam Kadin Kalbar ini," tuturnya.

Muda mengatakan bantuan berupa peralatan tes cepat atau RDT sangat dibutuhkan sebab RDT sangat membantu dalam mengetahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan virus corona.

"Rapid test adalah skrining awal sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring. Sehingga tindakan pencegahan dapat segera dilakukan agar jumlah kasus tidak semakin bertambah," tuturnya.

Ia menjelaskan sensitivitas alat itu dapat mengidentifikasikan dengan cepat pasien pada tahap awal infeksi sehingga berpotensi membantu mengurangi penyebaran virus corona.

"Memberikan hasil dengan cepat memungkinkan kita untuk dengan cepat mendeteksi dan segera menindaklanjuti dengan isolasi atau karantina," kata Muda.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020