Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Harisson menyebutkan sembilan kasus konfirmasi positif COVID-19 yang sudah sembuh pada Selasa sehingga secara keseluruhan ada 20 pasien yang kini negatif corona di Kalbar.

"Hari ini kita menerima kabar baik dimana ada 9 orang yang semula dinyatakan positif namun berdasarkan dua kali pemeriksaan real time PCR, hasilnya sudah negatif dan kesembilan orang ini dinyatakan sembuh dari COVID-19," kata Harisson di Pontianak.

Harisson menjelaskan, sembilan orang ini terdiri dari tujuh orang berasal dari klaster yang sudah ada sebelumnya dimana pemeriksaannya dilakukan di laboratorium kesehatan RS Universitas Tanjungpura Pontianak.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Belitung ngaku konsumsi bawang putih panggang

"Kemudian satu orang dari Ketapang sudah sembuh, pemeriksaannya satu kali di Jakarta dan satu lagi di RS Untan. Lalu, yang satu orang lagi dari Pontianak yang juga dari klaster yang sudah ada pemeriksaannya dilakukan di Jakarta," tuturnya.

Dirinya merasa bersyukur karena di Kalbar sudah banyak kasus yang sembuh dan diharapkan kasus-kasus konfirmasi lainnya juga bisa segera sembuh.

Baca juga: Satu pasien positif COVID-19 asal Lamandau paling cepat sembuh

Namun, kata Harisson, pada hari ini Kalbar juga mendapatkan tiga tambahan kasus konfirmasi positif COVID-19 baru berdasarkan pemeriksaan real time PCR.

Tiga orang tersebut satu di kota Pontianak dan pernah di rawat di salah satu RS di Kota Pontianak, kemudian dia menunjukkan gejala klinis yang baik dan sudah sehat sehingga dia dikeluarkan dari RS dan di isolasi mandiri di rumah.

"Sementara kasus kedua berasal dari Sintang yang merupakan klaster yang sudah ada dan kasus yang ketiga berasal dari OTG," kata Harisson.

Baca juga: Pasien sembuh bertambah 243 menjadi 2.197 orang
Baca juga: PDP asal Pontianak Selatan dinyatakan sembuh setelah dirawat 24 hari
Baca juga: Pasien sembuh 1.954 orang, Kalbar tambah tiga kasus baru positif COVID-19

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020