Dinas Kesehatan Kota Pontianak, mencatat hingga saat ini tercatat sebanyak lima pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh.

"Alhamdulillah, jumlah pasien yang dinyatakan sembuh oleh pihak rumah sakit, totalnya sudah lima orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu di Pontianak, Rabu.

Dia menjelaskan, hingga hari Rabu ini tercatat kasus positif COVID-19 di Kota Pontianak sebanyak 69 orang, lima diantaranya sudah sembuh, dan tiga pasien meninggal dunia.

Sidiq menambahkan, hingga saat ini ada 329 orang hasil rapid test yang menunjukan reaktif yang telah pihaknya tindaklanjuti dengan pemeriksaan swab tenggorokan.

"Cuma yang masih menjadi masalah saat ini apa yang dilaporkan merupakan hasil swab tenggorokan atau PCR yang sudah lama sehingga kami mengalami kesulitan dalam penanganannya," ungkapnya.

Sehingga masih banyak hasil rapid test sebelumnya yang belum terungkap hasilnya, apakah negatif atau positif COVID-19, katanya.

"Kami tetap berharap kepada masyarakat agar mematuhi kebijakan dari pemerintah, seperti tidak keluar rumah, menggunakan masker apabila keluar rumah, dan sesering mungkin mencuci tangan menggunakan sabun, dan tetap sabar," ujarnya.

Karena, menurut dia, apabila hal tersebut dikendurkan lagi, maka pihaknya khawatirkan angka atau grafik yang saat ini cenderung landai bisa berubah naik kalau masyarakatnya tidak tertib.

"Karena dengan tidak terjadinya lonjakan, maka pihak rumah sakit masih bisa menampung atau melayani pasien, baik pasien umum maupun COVID-19," katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020