Komputer sekarang merupakan barang wajib yang perlu dimiliki oleh semua orang, baik itu para pelajar, mahasiswa, atau juga pekerja. Semua sektor sekarang ini sudah berbasis online, sehingga apakah perlu membeli komputer baru aatau tidak ada empat pertimbangannya.

Komputer memegang peranan yang cukup penting. Smartphone memang memiliki fitur-fitur yang ditawarkan laptop, namun tentu saja ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa tergantikan.

Baik itu memilih personal computer (PC) atau komputer jinjing alias laptop, tentu saja ada kurang dan lebihnya. Supaya komputer tetap awet, perlu dilakukan perawatan dan pembersihan secara rutin. Selain itu jangan asal membeli komputer baru jika dirasa yang lama masih bisa digunakan dengan baik. Jika berpikir untuk membeli komputer baru atau tidak, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan.

1. Periksa keperluan spesifikasi, karena ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan spesifikasi komputer yang lebih tinggi, misalnya saja programmer, desain grafis, videographer dan lain-lain. Maka dari itulah periksa terlebih dahulu apakah aktivitas yang dilakukan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi. Contohnya saja, apakah prosesor sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum, dan lain-lainnya.

Jika memiliki PC, kekurangan spesifikasi ini bisa diupgrade dengan tambahan membayar jasa rakit ke tempat servis. Jika sudah mahir, malahan bisa sendiri melakukannya, sudah banyak tutorial di YouTube. Tentu saja hal ini akan membuat uang bisa lebih hemat atau dapat dialihkan untuk keperluan lainnya.
 
Namun jika dirasa komputer sudah tidak bisa diupgrade dan memerlukan spesifikasi yang lebih tinggi dalam jangka waktu dekat, membeli perangkat baru tidak masalah.

2. Periksa komponen komputer, seiring berjalannya waktu, komputer yang digunakan tentu akan mengalami penurunan kinerja. Bisa karena hardware atau software. Maka dari itu, jika mengalami masalah di komputer periksa terlebih dahulu apakah dari software atau hardware. Jika sudah diketahui masalahnya, tugas selanjutnya adalah mencari tahu apakah masih bisa diperbaiki atau tidak.

Jika sudah banyak komponen di dalam komputer yang memerlukan penggantian dan tidak bisa ditolong, membeli yang baru merupakan jalan keluar yang bagus. Bahkan jika komponen masih bisa diperbaiki, periksa terlebih dahulu apakah biayanya besar atau kecil. Jika dirasa biaya yang dikeluarkan hampir sama dengan membeli komputer baru, lebih baik memikirkan untuk segera mendapatkan perangkat teranyar sesuai kebutuhan.

3. Pertimbangkan data sensitif, dan hal lainnya yang perlu untuk dipertimbangkan adalah file-file yang terdapat di dalam komputer. Periksa apakah terdapat file-file yang sangat penting dan memerlukan backup data terlebih dahulu. Terutama dengan data-data yang sensitif, rawan corrupt atau error jika dipindahkan. Jika membeli komputer baru, ditakutkan yang lama tidak terurus dan malah membuatnya rusak.

Maka dari itulah jika memutuskan untuk membeli komputer baru, cari solusi untuk melakukan backup yang bagus tanpa menimbulkan kerusakan. Salah satu solusi adalah dengan memasang hard drive recovery sofware untuk menjaga data-data di komputer. Ada diskon khusus melalui link berikut untuk memulai mengamankan data Anda. Jika hal tersebut sudah ditangani dengan baik, file sensitif sudah bisa dipindahkan ke tempat yang aman, membeli yang baru sudah bisa dilakukan, atau setidaknya dipertimbangkan.

4. Apakah komputer masih kompatibel dengan software. Ada beberapa software tertentu yang tidak mau berjalan atau menolak diinstal pada komputer.  Maka dari itulah, cari tahu apakah komputer yang dimiliki saat ini kompatibel dengan software yang diperlukan. Ada beberapa software yang berjalan baik di Windows 7, namun malah tidak bisa digunakan di versi yang lebih rendah atau tinggi.

Maka dari itulah cari tahu apakah ada solusi terkait masalah tersebut. Jika sudah tidak ada solusi lain yang diambil dan jalan satu-satunya memerlukan perangkat baru, membeli komputer bisa segera dilaksanakan. Jangan sampai karena terus mempertahankan komputer model lama, pekerjaan jadi terbengkalai.

Itulah beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli komputer baru atau tidak. Jangan sampai tergiur membeli dengan harga murah dengan iming-iming spesifikasi tinggi yang ditawarkan oleh para penjual, sementara komputer sendiri masih berjalan dengan baik. Perhatikan hal-hal di atas, supaya bisa memutuskan dengan bijak, apakah perlu membeli yang baru atau tidak.
 

Pewarta: rilis

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020