Selain melaksanakan kegiatan fisik Satgas TNI manunggal membangun desa (TMMD) ke - 108 imbangan juga akan melaksanakan kegiatan non fisik salah satunya yaitu pembinaan mental ideologi Pancasila untuk warga daerah perbatasan Indonesia - Malaysia, khususnya di Desa Sungai Abau, Kecamatan Batang Lupar, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

" Pembinaan mental ideologi Pancasila itu tentu sangatlah penting selain kegiatan fisik pada program TMMD, sebab itu menyangkut dengan dasar negara kita tercinta," kata Dandim 1206 Putussibau, Letkol Inf Basyaruddin, dihubungi ANTARA, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu.

Dikatakan Basyaruddin, salah satu tujuan pembinaan mental ideologi Pancasila yang akan di sampaikan Satgas TMMD itu nantinya untuk membentengi warga perbatasan agar tidak terpengaruh oleh kelompok - kelompok tertentu, baik yang datangnya dari luar mau pun pengaruh dari dalam.

Menurut dia, apa pun kondisinya kedaulatan NKRI yang berdasarkan Pancasila harus tetap dipertahankan sekali pun nyawan taruhannya.

" Makanya perlu kita bersama memupuk rasa persatuan dan kesatuan kita pertahankan Pancasilan sebagai dasar negara dan mesti kita amalkan dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air," kata Basyaruddin.

Selain itu, ada juga nanti materi wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum dan bahaya narkotika serta pelayanan kesehatan.

Dirinya berharap melalui program TMMD ke - 108 imbangan tersebut dapat membangkitkan semangat patriotisme cinta tanah air, apalagi kita sebagai masyarakat perbatasan.

" Kita bersama tanamkan cinta tanah air dan pertahankan kedaulatan NKRI ditengah perkembangan zaman dengan teknologi yang samakin canggih, jangan sampai mental ideologi Pancasila kita terkikis zaman," tegas Basyaruddin.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020