Dosen Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) memberikan pelatihan pengolahan dan visual data yang langsung menyasar mahasiswanya sebagai bagian dari implementasi Tri Dharma perguruan tinggi.

"Tri Dharma perguruan tinggi merupakan suatu kewajiban perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tenaga pengajar sebuah perguruan tinggi yaitu dosen, menjadi perpanjangan tangan perguruan tinggi sekaligus tombak implementasi tri dharma,"ujar Ketua Tim Dosen Jurusan Administrasi Bisnis, Endang Wahyuni di Pontianak, Senin.

Endang menjelaskan pelatihan yang telah digelar juga sebagai sadar akan tanggung jawab sebagai pengajar dan pendidik yang harus terus menerus menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan memacu mahasiswa untuk terampil dan berdaya saing.

"Sasaran pelatihan pengolahan dan visualisasi data yakni kepada mahasiswa prodi D4 Administrasi Bisnis Polnep semester 2, 4 dan 6," kata dia.

Pelatihan yang dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan normal baru seperti penggunaan masker dan sarung tangan medis serta pemberian jarak tempat duduk antar mahasiswa.

Penyampaikan layanan pelatihan ini dilakukan secara hybrid yaitu secara offline dan online.

“Layanan pelatihan ini dilaksanakan serempak secara offline dan online yaitu terdiri dari 15 peserta offline dan 46 peserta online. Metode hybrid offline dan online ini kita lakukan karena menjaga amanah dari protokol kesehatan new normal, “ jelas Endang.

Pemberian pelatihan ini juga merupakan persiapan keterampilan mahasiswa prodi D4 AN dalam menghadapi sejumlah permintaan pengolahan data yang pernah diminta instansi pemerintah, khususnya BUMN kepada mahasiswa prodi D4 Administrasi Bisnis terdahulu yang melakukan magang di instansi tersebut.

Untuk memberikan nilai tambah kepada peserta pelatihan, data yang telah diolah, divisualisasikan dalam bentuk grafik serta dikombinasikan dalam sebuah dashboard.

Tim Dosen Jurusan Administrasi Bisnis Polnep yang melaksanakan Tri Dharma terdiri Didi Zulyanto, Sri Syabanita Elida, Ade M. Yuardani, Endang Wahyuni, Ul Qadri, Rudy Tandra dan M. Awaludin, alumni (pemateri) dan mahasiswa semester akhir.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020