Rasa syukur dan terima kasih kepada Pemerintah melalui PLN diucapkan Martinah (56) berulang kali saat diberitahukan bahwa listrik dirumahnya kembali digratiskan oleh Pemerintah hingga bulan Desember mendatang. Wanita yang tinggal di Kelurahan Siantan Hulu dan berprofesi sebagai petani ini mengaku pendapatannya jauh berkurang sejak virus COVID-19 melanda.

"Dimasa pandemi ini, saya banyak beraktifitas di rumah, mengingat usia saya yang tergolong rentan terhadap virus Corona. Otomatis penghasilan saya jauh berkurang. Syukurlah ada bantuan listrik gratis dari PLN, sehingga dapat membantu meringankan beban pengeluaran saya," ungkap Martinah.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Asmah (43) warga jalan Karet, Kecamatan Pontianak Barat. Wanita paruh baya yang sehari-harinya membuat aneka penganan berbahan dasar singkong ini juga merasa terbantu atas stimulus COVID-19 yang diberikan oleh Pemerintah.

Baca juga: Harpelnas 2020, PLN tawarkan promo khusus gratis balik nama pelanggan

"Listrik gratis untuk para pelaku UMKM seperti kami ini tentunya akan sangat membantu mengingat penghasilan dari usaha kecil-kecilan yang kami lakukan di rumah jauh berkurang dimasa pandemi ini, karena kami tidak bisa berjualan secara bebas dimanapun seperti saat sebelum pandemi," kata Asmah.

Sementara itu menurut General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo, ada sekitar 448.124  pelanggan di Kalbar yang terdiri dari pelanggan bertarif Bisnis, Industri, dan Rumah Tangga  bersubsidi, daya 450 dan 900 VA di Kalbar yang berhak mendapatkan listrik gratis dan diskon potongan 50% dari Pemerintah hingga bulan Desember mendatang.

"Untuk mendukung program pemerintah dalam memberikan  stimulus COVID-19 ini, rata-rata kami mengucurkan anggaran sekitar 22,6 milyar setiap bulannya. Dalam pelaksanaannya, kami lakukan upaya monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program untuk memastikan seluruh pelanggan yang masuk dalam daftar penerima stimulus benar-benar telah mendapatkannya," kata Ari.

Ari juga menegaskan bahwa pihaknya tetap berkomitmen untuk mendukung kebijakan Pemerintah melaui pemberian stimulus COVID-19 guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu agar tetap eksis dan  bertahan ditengah pandemi yang masih melanda.

Baca juga: PLN luncurkan layanan Super Merdeka UMKM/IKM dan sapa pelanggan
Baca juga: Stimulus COVID-19 bulan September sudah bisa dinikmati, begini caranya
Baca juga: PLN siap jalankan keputusan Menteri ESDM terkait penurunan tarif
 

Pewarta: Rilis/Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020