Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan meminta setiap kepala desa yang ada di kabupaten itu untuk memperkuat gerakan pemberdayaan perempuan dalam mengelola UKM.

"Gerakan pemberdayaan dengan melakukan pelatihan bagi UKM dan saat ini kita fokuskan Pemberdayaan UKM. Karena sudah terbukti di republik ini bahwasanya UKM lah yang menjadi pondasi terbesar yang mempertahankan kekuatan negara kita ini ekonominya, makanya kita sekarang perkuat UKM-UKM," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, usai peresmian ruang pelayanan kantor Desa Kubu di Kecamatan Kubu, Selasa.

Muda mengatakan, banyak potensi desa yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan oleh UKM. Namun, untuk memaksimalkan potensi UKM tersebut, tentu tidak lepas dari campur tangan pemerintah, termasuk pemerintah desa.

Muda juga menegaskan, saat ini dirinya berusaha memperkuat desa-desa di Kubu Raya yang saat ini sudah mencapai 118 desa, karena satu diantara misinya yang ke tiga yaitu memperkuat otonomi desa. 

"Artinya apa, supaya membangun itu dengan benar-benar berkeadilan, dengan memberikan peluang-peluang yang sama kepada seluruh rakyat di desa-desa," tuturnya. 

Dengan cara itu, lanjutnya, maka desa-desa bisa lebih maksimal berikan peran supaya setiap proses itu desa-desa yang di seluruh kecamatan termasuk di Kecamatan Kubu yang saat ini sudah 21 desa. 

"Tentu ini juga merupakan hal yang sangat kita perkuat supaya basis-basis di masyarakat benar-benar bisa diberdayakan," kata Muda.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020