Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat Sidiq Handanu menyatakan Puskesmas Perumnas II Kecamatan Pontianak Utara kembali membuka pelayanan setelah sempat ditutup selama tiga hari setelah dua orang stafnya positif COVID-19.

"Alhamdulillah Puskesmas Perumnas II sudah kembali dibuka, Selasa (29/9) kemarin," kata Sidiq Handanu di Pontianak, Rabu.

Dia menjelaskan Puskesmas Perumnas II sempat ditutup selama tiga hari yakni Sabtu (26/9) hingga Senin (28/9), setelah ada dokter dan perawat yang bertugas di tempat itu positif COVID-19.

"Penutupan sementara Puskesmas Perumnas II sebelumnya kami lakukan guna mensterilkan tempat itu dari virus corona jenis baru tersebut," ujarnya.

Baca juga: Pelayanan Puskesmas Perumnas II ditutup karena nakes positif COVID-19

Sidiq menambahkan pihaknya juga langsung melakukan tes usap terhadap semua staf yang bekerja di Puskesmas Perumnas II.

Selain itu, menurut dia, Dinkes Kota Pontianak juga melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan Puskemas tersebut dan melakukan 'tracing' (penelusuran) terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan kedua orang itu.

Dalam kesempatan itu, Kadinkes Kota Pontianak juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu menaati protokol kesehatan, yakni selalu menggunakan masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan menggunakan sabun.

Terhitung 28 September 2020 hingga 11 Oktober 2020 atau selama 14 hari ke depan, Pemerintah Kota Pontianak kembali membatasi aktivitas masyarakat pada malam hari guna memutus rantai penyebaran COVID-19 di kota itu.

Pembatasan aktivitas masyarakat pada malam hari, yakni maksimal hingga pukul 21.00 WIB. Misalnya, warung kopi hanya boleh buka hingga pukul 21.00 WIB atau sudah harus tutup dan begitu juga mal, taman-taman dan lainnya yang ada di Kota Pontianak.

Baca juga: 4 nakes Puskesmas Sungai Pinyuh positif COVID, pasien di Kalbar bertambah
Baca juga: Bengkayang bangun Puskesmas Teriak untuk melayani pasien COVID -19
Baca juga: Setelah tutup seminggu, Puskesmas Purnama segera dibuka

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020