Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat membangun Puskesmas Teriak yang dirancang juga bisa melayani pasien yang positif COVID-19 .

"Kemenkes RI memberikan kebijakan bahwa Puskesmas afirmasi ini ke depannya apabila COVID-19 belum berakhir akan siap untuk melayani pasien terkonfirmasi virus berbahaya tersebut," ujar Plt. Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkayang, Agustinus C saat dihubungi di Bengkayang, Rabu.

Ia menambahkan bahwa Puskesmas Teriak yang tengah dimulai pengerjaannya juga bisa untuk rawat inap. Hal itu dalam rangka untuk terus memberikan kemudahan dan pelayanan di bidang kesehatan kepada masyarakat daerah tersebut.

"Lokasi pembangunan Puskesmas yang baru di Teriak ini berada di jalur sutera. Dengan maksud lebih memudahkan masyarakat, dan jangkauan pelayanan juga lebih luas karena berada tempat yang mudah di akses,"kata dia.

Ia menjelaskan pembangunan Puskesmas Teriak jalur sutera ini berasal dari DAK afirmasi dengan konsep bangunan dua lantai dan pelayanan kesehatan rawat inap. Ketika nanti ada warga yang berasal dari Kecamatan Teriak membutuhkan perawatan bisa dirawat inapkan.

"Ini bentuk pemikiran dan antisipasi hal tersebut jika masih ada. Kita berharap dengan adanya pembangunan Puskesmas Teriak ini, nantinya dapat berfungsi dengan baik, dan dapat memberikan cakupan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat," katanya.

Agustinus mengatakan dalam pembangunan akan diselesaikan tepat waktu seperti target yang sudah ditentukan, dan rencana akan mulai beroperasi pada tahun depan.

"Pengerjaan masih butuh 70 hari kalender. Pihak pelaksana juga harus mengerjakan dengan benar-benar, dan manajemen yang baik. Sehingga Puskesmas Teriak ini selesai sesuai dengan kontrak dan tepat waktu," katanya.

Agustinus juga meminta agar masyarakat terkhusus yang berada di Kecamatan Teriak untuk menjaga bersama pembangunan tersebut. Sehingga pelayanan di kecamatan lebih mudah didapatkan.

"Karena kita melihat selama ini masyarakat tidak hanya di Kecamatan Teriak yang secara kapitasi lebih banyak ke Puskesmas Bengkayang, karena Puskesmas yang berada di Teriak aksesnya lumayan ke dalam," ujarnya.

Agustinus berharap dengan adanya pembangunan Puskesmas yang baru tersebut masyarakat bisa menggunakan fasilitas kesehatan yang ada dengan baik.

"Sehingga peningkatan pelayanan menjadi lebih baik dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pun semua tercapai," harap dia.*

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020