Dinas Kesehatan dan KB Bengkayang mendapat penghargaan sebagai predikat terbaik 1 tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2019 dalam PengelolaanProgram Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga berencana atau biasa di singkat dengan Bangga Kencana. 

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Tenny C Soriton mengatakan piagam penghargaan ini diberi dan ditandangani langsung oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji. 

"Penghargaan ini telah saya serahkan langsung hari ini kepada Pejabat (Pj) Bupati Bengkayang Yohanes Budiman diruang pertemuan Kantor Bupati Bengkayang. Gubernur Kalbar,  Sutarmidji, juga memberikan apresiasi penghargaan kinerja kepada Dinkes dan KB Bengkayang dengan mendatangi piagam penghargaan tersebut," kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Tenny C Soriton di Bengkayang, Rabu.

Dia menambahkan, Dinkes dan KB Bengkayang berhasil meraih penghargaan ini berdasarkan indikator yang menjadi patokan penilaian capaian program yaitu pengelola dana alokasi khusus sub bidang KB, pencapaian metode jangka panjang, pelaksanaan Pro PN PKBR, dan pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB).

"Kedepannya kami berharap, sinergi dalam menjalankan program Bangga Kencana di Kabupaten Bengkayang dapat semakin meningkat. Dengan sinergi ini Bengkayang telah membantu BKKBN dalam menggaungkan program Bangga Kencana," katanya.

Menurut Tenny, penghargaan yang diterima adalah bukti nyata dari hasil kerjasama antara Dinas Kesehatan dan KB, Petugas KB (PKB)/Penyuluh Lapangan KB (PLKB) dan para mitra kerja. Ia menambahkan bahwa kondisi geografis yang sulit membuat semua pihak yang terlibat harus merancang strategi untuk mendongkrak pencapaian program.

Dalam kunjungan kerja di Kabupaten Bengkayang, agenda kegiatan lainnya rombongan Kaper BKKBN Kalbar yaitu melakukan pertemuan pembinaan dengan PKB/PLKB. Dalam arahannya Tenny C Soriton mengatakan Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu Kabupaten yang responsif terhadap program Bangga Kencana. 

Turut mendampingi Kaper BKKBN dalam kegiatan kunjungan kerja saat itu yaitu Plt Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Bengkayang, Koordinator Bidang Adpin Perwakilan BKKBN Kalbar.


 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020