Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan pada tahun 2021 pihaknya akan menganggarkan Rp300 miliar untuk memaksimalkan infrastruktur jalan provinsi yang ada di setiap daerah di provinsi itu.

"Untuk masyarakat yang membutuhkan akses jalan yang memadai, tahun 2021 kita akan anggarkan Rp300 miliar untuk pembenahan jalan provinsi," kata Sutarmidji di Pontianak, Selasa.

Dia mengatakan untuk tahun ini, masih banyak jalan provinsi yang belum tersentuh pembangunan dan perbaikan karena dana yang ada dialokasikan untuk penanganan COVID-19.

Namun, untuk tahun 2021, Pemprov Kalbar akan kembali memprioritaskan anggaran untuk pembenahan infrastruktur, khususnya jalan.

"Bagi masyarakat yang suka jogging Insya Allah tahun ini kita akan punya trotoar yang bagus dari kantor gubernur sampai ke Museum Kalbar dan dari pendopo ke Digulis," tuturnya.

Sutarmidji menjelaskan untuk pembangunan trotoar tersebut, dari jalan Tanjung Sari ke Tugu Digulis dibangun dengan menggunakan APBD Kota Pontianak, sementara jalur trotoar lainnya menggunakan dana APBN.

"Tahun depan rencananya dilanjutkan hingga Polda dan dari Gembala baik ke kantor Gubernur. Sementara untuk daerah lain menyusul," kata Sutarmidji.

Ia menginformasikan tahun 2021, pihaknya akan menganggarkan untuk pendidikan (sekolah) negeri gratis membutuhkan dana  sebesar Rp200 miliar lebih, kemudian ada juga dana untuk mengganti mebeler sekolah sebesar Rp30 miliar.

"Untuk bantuan kelengkapan sekolah Rp25 miliar dan pembangunan di tingkat desa lebih dari Rp300 miliar," kata Sutarmidji.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020